Ingin Berwisata ke Bantul? Datanglah Segera, Ada Banyak Event Budaya Saat Bulan Suro Ini

Ada beberapa event yang digelar di Bantul, Daerah Istimewa  Yogyakarta dalam waktu dekat ini. Ingin menyaksikan gelaran budaya ini? Datanglah segera

WIKIMEDIA COMMONS/MICHAEL GUNTHER
Komplek Makam Raja-raja Mataram Islam di Imogiri. WIKIMEDIA COMMONS/MICHAEL GUNTHER 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Ada beberapa event yang digelar di Bantul, Daerah Istimewa  Yogyakarta dalam waktu dekat ini. Ingin menyaksikan gelaran budaya ini? Datanglah segera.

Event yang digelar setiap tahun ini layak Anda saksikan, jangan sampai terlambat dan harus menunggu lagi tahun depan.

Berikut ulasan sejumlah agenda wisata budaya yang bakal segera digelar pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Weekend Bertepatan 1 Suro Picu Naiknya Kunjungan Wisata ke Bantul, Juga Ada Perhelatan Budaya

Wisatawan yang berencana ke Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam waktu dekat, akan disuguhi berbagai event budaya.

Itu karena beberapa event budaya digelar pada bulan Muharram atau Suro (dalam penanggalan Jawa). Event budaya semacam itu tentu pas bagi wisatawan yang berminat dengan wisata budaya.

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul Markus Purnomo Adi menyampaikan, event pertama akan dilakukan 11 dan 12 Agustus 2022 mendatang di Makam raja Imogiri, yakni Kirab Siwur.

Acara yang digelar oleh masyarakat Imogiri dan abdi dalem itu dimulai dari Lapangan Ndemi Kecamatan Imogiri menuju panjimatan kompek Makam Raja-Raja Mataram.

Baca juga: Warga Gondanglegi Kabupaten Malang Gelar Arak-arakan Peringati Haul Mbah Sogol Setiap 10 Muharram

Siwur adalah gayung tradisional yang terbuat dari tempurung kelapa dan bambu sebagai tangkainya. Siwur diserahkan kepada perwakilan abdi dalem Kasultanan Ngayogyakarta dan Kasunanan Surakarta, serta akan digunakan untuk prosesi nguras enceh atau gentong.

"Untuk kirab budaya (kirab siwur) akan digelar pada 11 Agustus pukul 13.00 WIB, dan Nguras Enceh akan dilakukan pada 12 Agustus 2022 dimulai sekitar pukul 08.00 WIB," kata Ipung panggilan akrab Markus saat dihubungi melalui telepon Selasa (9/8/2022).


Labuhan Mina Bahari 45, Labuhan Hododento, dan Jodhangan Goa Cerme

Selain itu pada tanggal 11 Agustus 2022 akan dilakukan Labuhan Mina Bahari 45 di Kawasan Pantai Depok. Warga dan masyarakat di sekitar Pantai Depok dalam labuhan akan ada Gunungan hasil bumi yang nantinya akan diperebutkan masyarakat, dan penonton.

ilustrasi pantai depok ja
Ilustrasi Pantai Depok, Bantul. SHUTTERSTOCK/HARYANTA.P

Ipung mengatakan, pada tanggal 13 Agustus 2022 akan digelar Labuhan Hododento. Labuhan ini merupakan agenda tahunan di Pantai Parangkusumo sehingga menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah di DIY dan Jateng Selatan.

"Labuhan Hondodento akan dilaksanakan di sekitar Cepuri Parangkusumo sekitar pukul 08.00 WIB," kata dia.

Untuk tradisi even budaya yang terakhir yakni Jodhangan Goa Cerme. Menurut Ipung, Jodhangan ini seharusnya dilakukan bulan Juli. Namun karena bersamaan dengan Idul Adha akhirnya diundur pada 14 Agustus 2022 pada pukul 09.00 WIB.

"Potensi budaya di Bantul terus dijaga. Selain tradisi, diharapkan kedepan bisa meningkatkan kunjungan ke sini," kata dia.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berwisata ke Bantul Saat Bulan Suro, Ada Banyak Event Budaya", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/09/200800927/berwisata-ke-bantul-saat-bulan-suro-ada-banyak-event-budaya?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved