Pengunjung dari Jabodetabek Paling Banyak Terlihat di Kebun Raya Cibodas, Naik Setiap Akhir Pekan

Kunjungan ke sejumlah tempat wisata di Kabupaten Cianjur terus meningkat setiap akhir pekan. Kenaikan jumlah pengunjung kini mencapai 50.000

Dok. Instagram @karangpotongoceanview
Panorama Karang Potong Ocean View Cianjur. Dok. Instagram @karangpotongoceanview 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Kunjungan ke sejumlah tempat wisata di Kabupaten Cianjur terus meningkat setiap akhir pekan. Kenaikan jumlah pengunjung kini mencapai 50.000 pada akhir pekan.

Diprediksi jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Cianjur di Jawa Barat, khususnya ke tempat wisata alam di wilayah utara dan selatan, sebagian besar dari kawasan Jabodetabek

Mereka terlihat ramai di Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Bumi Perkemahan di pantai utara.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Masuk Taman Bunga Nusantara Cianjur Jawa Barat, Mulai Dari Rp 10 Ribu

Sedangkan objek wisata di selatan Cianjur seperti Ocean View Karangpotong, Pantai Cemara, Curug Luhur dan Curug Citambur menjadi pilihan pengunjung.

"Sebelumnya angka kunjungan tertinggi setiap akhir pekan dari seluruh destinasi wisata berkisar antara 20.000 sampai 25.000 wisatawan. Namun sepanjang bulan Juli jumlahnya meningkat hingga 50.000 setiap akhir pekan," terang Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Pratama Nugraha, Senin (8/8/2022).

Menurutnya, kenaikan jumlah kunjungan wisatawan asal Jabodetabek paling banyak terlihat di beberapa tempat wisata, antara lain Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, dan bumi perkemahan di wilayah utara.

"Untuk wilayah selatan Cianjur, Pantai Cemara, Jayanti, Ocean View Karangpotong, dan air terjun di beberapa kecamatan, seperti Curug Luhur, Curug Citambur, Curug Ngebul, dan Curug Cikondang. Peningkatan sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir, terutama di akhir pekan," jelasnya.

pengunjung dari jabodetabek terbanyak di KR Cibodas
Kebun Raya Cibodas. DOK. SHUTTERSTOCK/FREDY ALBERT

Kenaikan itu terjadi usai sosialiasi melalui sejumlah kegiatan, seperti pameran dan promosi tempat wisata.

Pemerintah daerah juga menggencarkan pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat wisata. Hal yang sama juga disampaikan oleh pengelola area perkemahan Taman Cibodas, Deden Ipey.

Ia mengatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan meningkat setiap akhir pekan dan hari biasa, sejak sebulan terakhir. Setiap minggunya, tercatat hingga 2.000 wisatawan berlibur di tempat wisata tersebut.

"Wisata alam, seperti area berkemah, banyak digandrungi wisatawan sejak pandemi mulai berkurang, termasuk suasana air terjun. Selama satu pekan ini, kami banyak mendapat pesanan dari grup wisatawan asal Jabodetabek," katanya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumlah Kunjungan Wisata ke Cianjur Naik Setiap Akhir Pekan", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/08/151901827/jumlah-kunjungan-wisata-ke-cianjur-naik-setiap-akhir-pekan.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved