Pemkot Akan Memaksimalkan Wisata Teluk Balikpapan dengan Menghadirkan Kapal Pinisi Warisan Leluhur

Kapal Pinisi, kapal bersejarah warisan leluhur Bangsa Indonesia didatangkan untuk menghidupkan dunia pariwisata di Balikpapan, kota penyangga IKN.

TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO
Menikmati pemandangan matahari terbenam di atas Kapal Pinisi Pusaka Indonesia di Teluk Balikpapan. TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM  - Kapal Pinisi, kapal bersejarah warisan leluhur Bangsa Indonesia didatangkan untuk menghidupkan dunia pariwisata di Balikpapan, kota penyangga IKN.

Ini akan menjadi wisata pilihan bagi warga Balikpapan dan Kalimantan Timur pada umumnya.

Wisata susur Teluk Balikpapan ini diharapkan bisa mengurangi penumpukan pengunjung di destinasi unggulan Kota Balikpapan yakni Pantai Manggar Sari.

Baca juga: 4 Desa Wisata Terbaik Mengantarkan Jawa Timur Menjadi Penyumbang Terbanyak ADWI 2022

Balikpapan tengah berupaya mengembangkan destinasi wisata bahari, salah satunya susur Teluk Balikpapan dengan Kapal Pinisi.

Pemkot Balikpapan bersama Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisat (DPOP) melakukan uji coba Kapal Pinisi menyusuri Teluk Balikpapan pada Jumat (5/8/2022) sore hingga malam.

"Kapal Pinisi ini memang baru tiba Kamis malam kemarin dan hari ini dilakukan uji coba dengan menyusuri Teluk Balikpapan," ujar Kepala DPOP Kota Balikpapan, Ratih Kusuma kepada media, seperti dikutip Tribun Kaltim.

Adapun pengembangan wisata bahari dilakukan karena Balikpapan akan menjadi beranda kedatangan menuju ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Secara terpisah, Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud mengatakan, kapal pinisi adalah kapal warisan leluhur bangsa Indonesia. Sehingga, wisata bahari naik kapal pinisi dinilai memiliki daya tarik tersendiri untuk dikembangkan di Balikpapan.

Baca juga: Belajar Strategi Pemda Bukittinggi Mengembangkan Pariwisata, Gelar Festival

"Dengan melihat senja dan pesona sunset, khususnya di Teluk Balikpapan," ujar Rahmad.

Dalam upaya persiapan tersebut, Pemkot Balikpapan juga menelusuri kembali spot-spot wisata di sekitar Teluk Balikpapan, termasuk Tanjung Batu, Jembatan Pulau Balang, dan lainnya.

Adapun Kapal Pinisi Pusaka Indonesia ini berkapasitas lebih kurang 35 orang. Setelah diperkenalkan kepada masyarakat, Pemkot Balikpapan akan mengkaji wisata baharinya.

DPOP Kota Balikpapan juga akan mengundang konsultan pariwisata untuk membantu mengembangkan potensi pariwisata di wilayah tersebut.

Baca juga: Baru 6 Bulan Target Kunjungan Wisatawan ke Kota Malang Terlampaui, Turis Asing hanya 105 Orang

Jika uji coba berhasil, DPOP akan mengusulkan pengadaan kapal serupa untuk bisa disewakan dan dinikmati wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara.

"Kami memang belum memiliki kapal seperti ini, ya. 2023 nanti kan melalui kajian wisata bahari tadi, tentunya dari hasil kajian mulai kelayakannya, destinasi wisatanya yang sudah jelas, kemudian sasarannya dalam hal ini ketertarikan masyarakat. Baru kemudian kami usulkan pengadaan kapalnya," ucap Ratih.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Balikpapan akan Punya Wisata Susur Teluk dengan Kapal Pinisi", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/07/173400827/balikpapan-akan-punya-wisata-susur-teluk-dengan-kapal-pinisi.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved