Melampaui Perolehan 2021, Pendapatan Wisata Danau Kelimutu hingga Juli 2022 Naik Menjadi Rp 645 Juta

Seperti yang terjadi di danau tiga warna di Kabupaten Ende Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlah pengunjung meningkat drastis.

Dokumen TN Kelimutu
Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna di Taman Nasional Kelimutu di Kabupaten Ende Flores NTT. Dokumen TN Kelimutu 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, FLORES - Seperti daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia bahkan di dunia, tren peningkatan kunjungan wisatawan menjadi fenomena menarik. 

Seperti yang terjadi di danau tiga warna di Kabupaten Ende Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlah pengunjung meningkat drastis.

Peningkatan jumlah kunjungan inipun berdampak positif pada peningkatan pendapatan pemerintah setempat. Juga pelaku usaha pariwisata mendapat tambahan rezeki.

Baca juga: Suhu Udara di Daerah Sekitar Lautan Pasir Bromo dan Danau Ranu Pani, Terpantau 2-6 Derajat Celcius

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu (BTNK) di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) Hendrikus Rani Siga menyebutkan, pendapatan dari kunjungan wisatawan ke Danau Kelimutu meningkat drastis.

Hendrikus melaporkan, hingga Jumat (5/8/2022) Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang didapat BTNK Ende hingga bulan Juli 2022 mencapai Rp 645 juta. "Pendapatan ini melebihi tahun 2021 yang hanya Rp 308.900.500," ujar Hendrikus saat dihubungi, Minggu (7/8/2022).

Ia berujar, meningkatnya pendapatan tidak lepas dari bertambahnya jumlah kunjungan dari wisatawan nusantara (wisnus) maupun mancanegara (wisman).

Dikatakan, kunjungan wisman sejak bulan Juni 2022 menunjukkan tren positif, yakni mencapai 1.384 orang.

"Wisman meningkat tajam. Bulan Juni itu ada 293 orang, Juli 872 orang, dan Agustus 229," tutur Hendrikus. Sementara, lanjutnya, kunjungan wisnus di bulan Agustus menurun drastis jika dibandingkan bulan Juni dan Juli.

Baca juga: 7 Danau Terindah di Indonesia, Air Jernih dan Berwarna Biru

"Rata-rata harian di bulan ini menurun drastis. Kalau bulan Juni jumlah wisnus 8.981 orang, Juli naik menjadi 8.850 orang. Kalau Agustus ini baru 560 orang," katanya.

Meski demikian, Hendrikus optimistis kunjungan wisatawan ke danau tiga warna itu terus meningkat. Ditambah lagi, saat ini angka Covid-19 mulai menurun.

"Persyaratan penerbangan juga tidak seperti saat pandemi. Harapannya pekan kedua dan seterusnya mengalami peningkatan kunjungan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendapatan Wisata Danau Kelimutu Meningkat Jadi Rp 645 Juta", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/07/160400227/pendapatan-wisata-danau-kelimutu-meningkat-jadi-rp-645-juta.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved