Karnaval 1.000 Banteng di Kota Batu Diikuti 1.500 Peserta, Polisi Siapkan Jalan Alternatif

Mengantisipasi penumpukan kendaraan dan menimbulkan kemacetan di lokasi kegiatan Karnaval 1.000 Banteng, Jajaran Satlantas Polres Batu turun tangan

KOMPAS.com/ANDI HARTIK
Suasana Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur pada Jumat (8/1/2021) malam. KOMPAS.com/ANDI HARTIK 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Mengantisipasi penumpukan kendaraan dan menimbulkan kemacetan di lokasi kegiatan Karnaval 1.000 Banteng, jajaran Satlantas Polres Batu turun tangan.

Satlantas Polres Batu mengimbau wisatawan luar daerah yang memasuki Kota Batu, Jawa Timur pada Minggu (7/8/2022) untuk melewati jalan-jalan alternatif yang telah disediakan.

Karnaval 1.000 Banteng diikuti 50 grup, masing-masing grup terdiri atas 30 orang, sehingga total peserta mencapai 1.500 orang.

Baca juga: Jadi Referensi Ngabuburit di Kota Batu, Ini Harga Tiket Masuk Batu Night Spectacular

Jumlah peserta yang begitu banyak ditambah penonton berpotensi untuk menimbulkan kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas di beberapa titik. 

Rencananya pada hari tersebut akan ada aksi seni budaya bantengan bertajuk Karnaval 1.000 Banteng dalam peringatan 14 tahun Bantengan Nuswantara.

Kegiatan itu dilakukan di sepanjang Jalan Panglima Sudirman mulai pukul 09.00 WIB hingga sore hari. Pengendara pun tidak bisa melintas karena adanya penutupan jalan.

Kasatlantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati mengatakan bahwa diperkirakan pada hari libur tersebut, terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 100 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Baca juga: Jadi Referensi Wisata ke Kota Batu, Harga Tiket Masuk Selecta hanya Rp 40 Ribu

Pihaknya juga sudah memetakan titik-titik wilayah yang berpotensi terjadinya kepadatan arus lalu lintas.

Beberapa di antaranya dari arah Pujon atau Kediri di simpang empat Pesanggrahan. Selanjutnya dari arah Malang, seperti di simpang empat Bank BCA, simpang tiga Jalan WR Supratman, dan simpang tiga Bendo.

"Titik lainnya seperti di simpang tiga TMP (Taman Makam Pahlawan), sehingga kami dari petugas Satlantas Polres Batu telah membuat skema rekayasa pengalihan arus jalan, ada beberapa jalan alternatif yang bisa dilalui," kata Lya kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).


Pengalihan Arus di Kota Batu saat Karnaval 1.000 Banteng

Untuk rekayasa pengalihan arus lalu lintas jalan, bagi pengendara dari arah Pujon atau Kediri menuju Bumiaji atau sebaliknya diarahkan melewati Jalan Indragiri. Kemudian kendaraan yang menuju Malang diarahkan melewati Jalan Suropati.

Selain itu, kendaraan dari arah Malang yang hendak menuju ke Bumiaji atau Pujon dan Kediri diarahkan melewati Jalan Sultan Agung.

kondisi wisata kota batu
Kondisi tempat wisata di Jawa Timur Park 2, Kota Batu, Jawa Timur terpantau landai atau tidak sepadat hari-hari sebelumnya pada Minggu (8/5/2022). KOMPAS.com/ Nugraha Perdana

Lya juga mengimbau kepada pengendara yang masuk ke Kota Batu bisa menggunakan aplikasi petunjuk jalan di smartphone seperti Google Maps untuk mengetahui kepadatan arus lalu lintas.

Dia juga berharap wisatawan dapat menyebar di berbagai tempat wisata, sehingga meminimalisasi terjadinya kemacetan.

"Untuk penerapan putar balik, kami melihat situasi arus lalu lintas di lapangan, bila tidak memungkinkan untuk kendaraan yang mau masuk ke Kota Batu sudah cukup padat maka perlu dilakukan putar balik," katanya.

Baca juga: Jakarnaval Kembali Hadir, Tahun Ini Akan Digelar pada 14 Agustus di Ancol

 

Seputar Karnaval 1.000 Banteng

Perlu diketahui, Karnaval 1000 Banteng dalam peringatan 14 tahun Bantengan Nuswantara akan diikuti oleh 50 grup bantengan dari Malang Raya dengan masing-masing grup terdiri dari 30 orang dan total ada 1.500 peserta.

Akan ada pula peserta dari beberapa daerah dan luar negeri dengan menampilkan performance art. Peserta dari luar negeri meliputi Malaysia, Australia, Jepang dan China. Sedangkan peserta dari luar daerah ada dari Indramayu, Tuban, hingga Jakarta.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved