4 Desa Wisata Terbaik Mengantarkan Jawa Timur Menjadi Penyumbang Terbanyak ADWI 2022

Empat desa wisata masing-masing dari empat kabupaten menjadi wakil Provinsi Jawa Timur dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF
Desa Wisata Tirta Agung di Bondowoso, Jawa Timur. DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Empat desa wisata masing-masing dari empat kabupaten menjadi wakil Provinsi Jawa Timur dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Empat desa tersebut adalah;

1. Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek,

2. Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar,

3. Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep,

4. Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Baca juga: Labuan Bajo Terus Mempercantik Diri, Andalkan Desa Wisata hingga Pulau Rinca untuk Gaet Banyak Turis

Dengan memiliki empat desa wisata ini Provinsi Jawa Timur menyumbang wakil terbanyak di 50 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

"Kita harapkan ini mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ketika berkunjung ke Desa Wisata Tirta Agung di Bondowoso, Minggu (07/08/2022), seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Adapun Desa Wisata Tirta Agung adalah obyek wisata rekreasi berbasis masyarakat yang dikelola oleh BUMDES dan berlokasi di bawah kaki Gunung Raung.

Desa ini melakukan pemanfaatan waduk, persawahan, dan sumber mata air untuk dijadikan atraksi wisata.

tirtagung di bondowoso
Desa Wisata Tirta Agung di Bondowoso, Jawa Timur. DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Beberapa aktivitas wisata yang bisa dijajal seperti gazebo apung, kolam renang alami, kafe Kala Senja, dan flying fox. Ada pula tempat untuk menjajakan produk kreatif dan kuliner, serta homestay yang dapat dijadikan tempat bermalam bagi pengunjung.

Baca juga: Ada Candi Kembar di Desa Wisata Bugisan Jateng, Apa Makna dan Siapa yang Membangun? Berikut Kisahnya

Sementara Desa Wisata Pandean, seperti dikutip dari Kompas.com (02/07/2022), memiliki daya tarik berupa Sungai Kanang yang populer dengan aktivitas river tubing dan arung jeram.

Lainnya, yakni Desa Wisata Semen yang berada di tengah Lereng Gunung Kelud dan Lereng Gunung Kawi, serta dibelah oleh Sungai Lekso, memiliki potensi kearifan lokal yang besar, seperti dikutip dari Jadesta Kemenparekraf.

Sedangkan Desa Wisata Keris atau Desa Aengtongtong di Madura adalah penghasil dan pembuat keris. Berlokasi di antara empat desa membuatnya memiliki panorama alam dan sumber daya alam beragam, termasuk sawah, ladang tembakau, ladang padi, kebun kelapa, perbukitan, dan lainnya.

Baca juga: Desa Wisata Ini Jadi Tempat Pengasingan Bagi Warga yang Melakukan Poligami

Secara umum, kepada desa-desa wisata akan terus dilakukan pendampingan dan fasilitasi, termasuk melibatkan pihak swasta untuk melakukan pendampingan.

Sehingga, desa-desa wisata ini terus berkelanjutan dan tidak berhenti di tengah jalan.

“Diharapkan setelah diresmikan desa wisata mampu meningkatkan jumlah kunjungan sebanyak 30 persen. Kalau di Bondowoso tadi saya sangat terkesan adalah Kala Senja, tempatnya keren banget dan itu buat spot foto keren banget,” ucap Sandiaga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jawa Timur Sumbang Wakil Terbanyak di Anugerah Desa Wisata", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/07/202000927/jawa-timur-sumbang-wakil-terbanyak-di-anugerah-desa-wisata.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved