Dorong Pertumbuhan Ekraf, Labuan Bajo Gelar Festival Golo Koe, Tonjolkan Kekayaan Budaya & Spiritual

Objek wisata tanpa event tidak akan cepat berkembang. Meski sudah terkenal pengelola objek wisata harus pandai untuk menggaet turis, baik lokal maupun

DOK KEMENPAREKRAF VIA WONDERFULL IMAGE ID
Lanskap Waterfront City Labuan Bajo, magnet baru pariwisata NTT. DOK KEMENPAREKRAF VIA WONDERFULL IMAGE ID 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, LABUAN BAJO - Objek wisata tanpa event tidak akan cepat berkembang. Meski sudah terkenal pengelola objek wisata harus pandai untuk menggaet turis, baik lokal maupun manca.

Caranya? pemerintah atau otoritas setempat harus rajin menggelat event, baik seni budaya, olahraga atau ekonomi kreatif.

Seperti yang dilakukan pemerintah bekerjasama dengan otoritas setempat, satu di antaranya Keuskupan Ruteng.

Baca juga: Kreativitas Pengelola Objek Wisata Kelas Dunia, Labuan Bajo Gelar Vaksin Booster

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat bersama Keuskupan Ruteng akan menggelar Festival Golo Koe di Labuan Bajo selama 8-15 Agustus 2022.

Festival yang berpusat di Gua Maria Golo Koe Labuan Bajo dan Waterfront City Marina Labuan Bajo ini digagas oleh Keuskupan Ruteng, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Manggarai Barat, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), serta sejumlah stakeholder pariwisata.

Ia menambahkan, festival ini diselenggarakan untuk menumbuhkan pariwisata Labuan Bajo-Flores yang berakar dan bertumbuh dalam keunikan serta kekayaan budaya dan spiritual setempat.

Selain itu, untuk mendorong aktivitas ekonomi kreatif masyarakat sekitar.

"Atas dasar itu moto dan karakter dasar festival ini adalah Pariwisata Holistik: Berpartisipasi, Berbudaya, dan Berkelanjutan," ujar Wakil Bupati Manggarai Barat sekaligus Ketua Umum Panitia Festival Golo Koe Labuan Bajo, Yulianus Weng dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (05/08/2022) pagi.

Baca juga: Angka Kunjungan Wisata ke Labuan Bajo Meningkat Pesat, Hingga Juni 2022 Tercatat 65.000 Wisatawan

Festival itu, lanjut dia, melibatkan umat Allah Keuskupan Ruteng dari seluruh pelosok tanah Nuca Lale menggandeng komunitas muslim dan komunitas lintas agama lain.

Secara rinci, aktivitas tersebut akan diisi kegiatan seperti panggung musik yang dimeriahkan musisi asal Manggarai Ivan Nestorman, serta pekan pameran dan kuliner yang melibatkan UMKM dari seluruh wilayah Keuskupan Ruteng, Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur.

Nyanyian dan tari-tarian dengan unsur budaya lokal juga akan ditampilkan dalam festival tersebut. Selain itu, ada pula aktivitas pembersihan lingkungan dan kegiatan sosial lain, seperti pembagian sembako ke panti-panti sosial.

Prosesi Akbar Bunda Maria Assumpta Nusantara akan dilakukan pada 14 Agustus, baik di darat maupun laut Labuan Bajo.

Prosesi ini berakar dalam tradisi umat Katolik di Flores serta dijalankan dalam semangat kebersamaan dan toleransi dengan komunitas lintas agama.

Baca juga: 28 Negara Pastikan Ikut Festival Paduan Suara Internasional di Maumere Kabupaten Sikka Flores NTT

Pada 15 Agustus atau hari terakhir, akan diselenggarakan Misa Agung Maria Assumpta Nusantara di Waterfront City Labuan Bajo.

Malam penutup festival akan dimeriahkan pula oleh panggung musik dengan penampil utama penyanyi Citra Scholastika.

"Festival Golo Koe Labuan Bajo ini ingin mengungkapkan bahwa pariwisata sejatinya adalah ziarah mengendus jejak Allah dalam suka cita perjumpaan antarmanusia, antarbudaya, dan ketakjuban alam yang mempesona," ujarnya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan festival ini serta menyebarluaskannya kepada semua orang yang ingin berbagi suka cita di Kota Labuan Bajo, Flores.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Tonjolkan Kekayaan Budaya dan Spiritual Setempat", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/05/095103227/festival-golo-koe-di-labuan-bajo-tonjolkan-kekayaan-budaya-dan-spiritual.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved