Baru 6 Bulan Target Kunjungan Wisatawan ke Kota Malang Terlampaui, Turis Asing hanya 105 Orang

Pemerintah Kota atau Pemkot Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) telah mencapai target kunjungan wisata tahun 2022

SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH
Balai Kota Malang berdiri pada 1929, lebih baru daripada bangunan Bella-Vista di Jalan Gajahmada yang merupakan peninggalan Belanda. SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, MALANG - Pemerintah Kota atau Pemkot Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) telah mencapai target kunjungan wisata tahun 2022.

Sebelumnya Pemkot Malang menargetkan kunjungan wisata sebanyak 1,9 juta dan kini sudah terlampaui.

Dari data yang dihimpun, selama semester pertama atau sejak Januari hingga Juni lalu sudah ada 5,9 juta wisatawan.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Malang Jawa Timur, Mulai Wisata Pantai Sampai Kraton Gunung Kawi

Namun, untuk wisatawan mancanegara belum mampu menyumbang target kunjungan dan tercatat hanya 105 orang yang berkunjung.

Plt Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, biasanya wisatawan mancanegara hanya menjadikan Kota Malang sebagai daerah transit untuk berwisata. Rata-rata tujuan mereka ke daerah Malang untuk menikmati pemandangan Gunung Bromo.

"Wisatawan asing itu sifatnya overland ya, mereka rangkaian perjalanannya dari Yogyakarta, kemudian ke Kota Malang selama 1,9 hari di sini, kemudian menginapnya di Kota Malang dan diajak ke Bromo," kata Ida saat diwawancarai di Gedung DPRD Kota Malang pada Kamis (4/8/2022).

tugu di kota malang
Alun-alun Tugu Kota Malang. SHUTTERSTOCK/PAMBUDI YOGA PERDANA

Wisatawan mancanegara yang datang rata-rata didominasi dari negara Malaysia, Timor Leste, China, Perancis, dan Belanda. Mereka biasanya menikmati tempat wisata dengan nilai sejarah yang menarik.

"Ada yang bernostalgia mencari sejarah tentang, 'Oh kawasan ini gimana sih ceritanya', pada prinsipnya ya story-telling, cerita tentang sejarah atau heritage, mereka biasanya ada di Jalan Idjen Boulevard, mereka juga lebih senang nongkrong di Jembatan Brantas karena menurut mereka unik," terangnya.

Baca juga: Punya Pemandangan Nan Indah, 7 Lokasi Wisata di Malang Ini Cocok Sebagai Wisata Ahir Pekan

Pihaknya juga tidak berharap banyak terhadap kunjungan wisatawan mancanegara. Dia menilai, dengan melihat kondisi negara-negara di dunia sedang mengalami berbagai krisis, akan berdampak terhadap dunia pariwisata.

"Kita lihat kecenderungannya, apalagi sekarang di berbagai negara ada krisis ekonomi, pangan, energi, kita tidak berani untuk khusus wisman (wisatawan mancanegara) menargetkan terlalu tinggi," katanya.

Tetapi, Ida optimistis, pergerakan wisatawan nusantara ke Kota Malang dapat optimal dengan prediksi mencapai enam juta orang. Hal itu berkaca dari peningkatan kunjungan wisatawan yang terjadi pada awal tahun 2022 ini.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Turis Asing Belum Mampu Sumbang Target Kunjungan ke Kota Malang", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/04/210800127/turis-asing-belum-mampu-sumbang-target-kunjungan-ke-kota-malang.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved