Turis Domestik di Nusa Penida Mengaku Dianaktirikan di Negeri Sendiri, Penjelasan Kadispar

Jika perlakuan tidak adil di Nusa Penida itu benar sangat memalukan. Beredar video viral di TikTok mengenai keluhan wisatawan lokal korban ketidakadil

Dok. UNSPLASH/Alfiano Sutianto
Ilustrasi wisatawan di Nusa Penida, Bali. Dok. UNSPLASH/Alfiano Sutianto 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Jika perlakuan tidak adil di Nusa Penida itu benar sangat memalukan. Beredar video viral di TikTok mengenai keluhan wisatawan lokal korban ketidakadilan.

Pengelola mesti bertindak adil kepada siapapun wisatawan yang berkunjung ke sana. Jika ketidakadilan ini terus terjadi maka wisatawan akan menghindari objek wisata ini.

Akibatnya akan merember ke berbagai sektor dan menimbulkan kerugian bagi pelaku usaha pariwisata di sana.

Baca juga: Mulai April 2022, Wisatawan Wajib Bayar Retribusi Masuk ke Nusa Penida Bal

Beberapa waktu lalu, beredar video viral di TikTok yang berisi keluhan wisatawan saat tengah berwisata ke Nusa Penida, Bali.

"Ke Nusa Penida tanpa driver? Jangan lagi. Susah banget buat kita antre foto, dikata-katain sama mas-masnya wkwkw. dianaktirikan di negeri sendiri ya cuma di Nusa Penida," demikian bunyi akun TikTok @smaghf, Selasa (2/8/2022).

Video tersebut memperlihatkan antrean yang cukup panjang untuk berfoto di spot ikonis Nusa Penida. Pemilik akun tersebut juga menambahkan tulisan "Big No ke Nusa Penida tanpa sewa driver".

Baca juga: Pemandangan Laut Nan Indah di Angels Billabong, Disebut Sebagai Bidadarinya Nusa Penida Bali


Terkait video ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Gung Wedana menegaskan, tidak ada perbedaan perlakuan antara wisatawan yang menggunakan pemandu dan wisatawan tanpa pemandu.

"Tidak pernah ada yang membedakan itu di Nusa Penida, mungkin karena saking ramainya tamu, maka antre untuk berfoto di obyek wisatanya," kata Wedana kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Ia menambahkan, panjangnya antrean ini juga dipengaruhi oleh keterbatasan waktu di Nusa Penida. Hal ini mengingat jam balik speed boat untuk kembali menyeberang, membuat wisatawan dan pemandu diburu waktu.

Baca juga: 11 Pantai Instagrambale di Nusa Penida Buat Liburan Akhir Pekan Nanti


Sementara itu, sebagian besar wisatawan yang datang adalah mereka yang mengikuti one day trip atau wisata selama sehari.

"Mungkin mereka kekurangan waktu untuk lebih lama, mengingat jam balik speed boat menyeberang kembali yang mengharuskan mereka segera balik. Kebanyakan wisatawan ke Nusa Penida one day trip," terangnya.

Maka dari itu, ia menyarankan, demi perjalanan yang maksimal untuk menikmati keindahan Nusa Penida, wisatawan sebaiknya tinggal paling tidak sehari di destinasi wisata ini.

"Tipsnya adalah kalo ke Nusa Penida jangan hanya one day trip, tinggal sehari, baru bisa menikmati seluruh keindahan Nusa Penida," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Turis Diperlakukan Berbeda di Nusa Penida, Ini Tanggapan Kadispar", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/04/185417927/video-viral-turis-diperlakukan-berbeda-di-nusa-penida-ini-tanggapan-kadispar.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved