Tidak Semua Fasilitas Wisata di Bintan Mahal, Termasuk Penginapan, Pemda Ingin Hilangkan Citra Itu

Lokasi wisata di Bintan selama ini dicitrakan sebagai 'wisata mahal' Citra mahal ini di satu sisi cukup merugikan pelaku wisata di sana

https://pesona.travel
Keindahan alam Pantai Trikora. https://pesona.travel 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Harga kebutuhan wisatawan di berbagai lokasi wisata terbilang cukup bervariasi. 

Ada yang agak mahal, ada yang terjangkau dan ada yang lumayah murah. Namun umumnya agak mahal.

Lokasi wisata di Bintan selama ini dicitrakan sebagai 'wisata mahal' Citra mahal ini di satu sisi cukup merugikan pelaku wisata di sana.

Baca juga: Kapal Pesiar Genting Dream Singgahi Kawasan Wisata Bintan Resort di Kepulauan Riau

Untuk itu pemerintah setempat sedang berusaha untuk menghilangkan citra tak sesungguhnya yang melekat selama ini.

"Citra mahal berwisata di Bintan itu sudah melekat, padahal tidak demikian kondisinya," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Arif Sumarsono belum lama ini, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Meski mayoritas obyek wisata Bintan berada di kawasan pesisir, namun Arif mengatakan wisatawan bisa memilih fasilitas di tempat wisata atau menginap yang dituju.

Secara umum, lanjut dia, biaya menginap, makan di restoran, serta fasilitas hiburan dan olah raga di Bintan relatif murah.

Arif mencontohkan di sepanjang Pantai Trikora, misalnya, ada banyak tempat menginap yang bisa dipilih. Tarif kamar bervariasi, namun wisatawan bisa menemukan tempat menginap dengan harga mulai dari Rp 300.000-an.

Baca juga: Wisatawan Dari Singapura ke Bintan dan Batam Tak Perlu Lagi Karantina, Penjelasan Menparekraf RI

Kawasan wisata di daratan Bintan juga menurutnya relatif terjangkau, seperti destinasi di kaki Gunung Bintan dan Desa Ekang Anculai.

Adapun lebih jauh tentang pilihan tempat wisata di Bintan pernah Kompas.com rangkum dalam tautan ini.

Namun, ia tak menampik jika beberapa destinasi di Bintan memang tergolong premium. Misalnya, di kawasan wisata Lagoi.


Sebab, selain membidik wisatawan nusantara, destinasi itu juga menargetkan wisatawan mancanegara.

wisata andalan kepri
Lagoi Bay di Kawasan Wisata Bintan Resorts, Provinsi Kepulauan Riau.  Instagram Lagoi Bay Bintan

Meski demikian, wisatawan tetap bisa menemukan hiburan dan tempat menginap dengan harga miring di destinasi seperti Lagoi.

"Tidak semua tarif berwisata di Lagoi itu mahal. Dan tidak semua pula biaya untuk menginap dan makan di kawasan wisata itu sama seperti di Lagoi," tuturnya.

Ia menambahkan, mengembalikan citra pariwisata Bintan merupakan kerja bersama. Termasuk mengembalikan kunjungan agar kembali seperti sebelum pandemi Covid-19.

"Kami berupaya agar bisnis pariwisata di Bintan kembali bamgkit. Alhamdulillah, dalam beberapa pekan terakhir, wisman yang berkunjung ke Lagoi terus meningkat, rata-rata 1.000 orang per hari," ujarnya Juli lalu.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bintan Berupaya Hilangkan Citra Wisata Mahal", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/02/095859127/bintan-berupaya-hilangkan-citra-wisata-mahal.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved