Khansa Syahlaa Ingin Beri Kado Indah HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus

Seorang pendaki gunung tanah air Khansa Syahlaa ingin memberikan kado istimewa kepada bangsa Indonesia pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus

SHUTTERSTOCK/IRINA BARILO
Gunung Elbrus di Rusia adalah gunung tertinggi di Eropa. SHUTTERSTOCK/IRINA BARILO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, JAKARTA - Seorang pendaki gunung tanah air Khansa Syahlaa ingin memberikan kado istimewa kepada bangsa Indonesia pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022.

Kado indah itu akan dipersembahkan Khansa Syahlaa dengan mengibarkan sang Merah Putih di puncak Gunung Elbrus Rusia, gunung tertinggi di Eropa, pada 17 Agustus 2022.

Khansa Syahlaa siswi kelas 10 SMA Labschool Jakarta Timur dilepas Menparekraf Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, pada Senin (1/8/2022).

Baca juga: Hindari Kecelakaan Saat Mendaki Gunung Rinjani, Ikuti 3 Tips dari Pemandu Berikut Ini

"Khansa ingin memberi hadiah HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 dengan mendaki gunung ke-77 di usianya yang sangat muda ini. Selamat berjuang untuk Khansa Syahlaa dalam menyelesaikan pendakian Gunung Elbrust," tutur Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing yang berlangsung secara daring, Senin (1/8/2022).

Adapun pendakian kali ini, seperti diucapkan oleh Sandiaga, merupakan gunung ke-77 yang akan didaki oleh Khansa.

sandiaga beri pesan selamat berjuang
Khansa Syahlaa akan mendaki Gunung Elbrust di Rusia dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. dokumentasi Kemenparekraf

Sebelumnya, pada 2019 ia berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di benua Afrika, yaitu gunung Kilimanjaro yang berdiri setinggi 5.895 mdpl di Tanzania.

Baca juga: Mendaki Gunung Musim Hujan, Jangan Terlalu Lama Berhenti di Satu Tempat

Sementara pada 2017 ia berhasil mendaki puncak Cartenz Pyramide yang menjulang setinggi 4.848 mdpl di Papua.

"Pendakian Gunung Elbrus ini adalah misi dari aku untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia, dengan aku akan melakukan ekspedisi pengibaran bendera merah putih di puncak tertinggi di benua Eropa, Gunung Elbrus di Rusia, dengan ketinggian sekitar 5.642 mdpl," kata Khansa.

Sekilas tentang Gunung Elbrus

para pendaki dekati puncak elbrus
Para pendaki di Gunung Elbrus, Rusia. UNSPLASH/IWAN SHIMKO

Untuk diketahui, dikutip dari Live Science, Gunung Elbrus adalah gunung berapi tidak aktif yang berlokasi di pegunungan Kaukasus barat, dekat perbatasan Georgia di Kabardino-Balkaria dan Karachay-Cherkessia, Rusia.

Puncak setinggi 5.642 mdpl adalah bagian dari Pegunungan Kaukasus yang membentang di sepanjang Asia dan Eropa, meskipun sebagian ahli menempatkannya di Eropa.

Sebagai puncak tertinggi di Eropa, Gunung Elbrus menjadi salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia atau Seven Summits.

Untuk itu, banyak pendaki yang bermimpi bisa mencapai puncaknya. Meskipun mendakinya tidak mudah dan tergolong berbahaya, namun Gunung Elbrus dikatakan sebagai salah satu yang termudah untuk didaki di antara puncak-puncak tertinggi dunia lainnya.

Menurut laman Lonely Planet, musim pendakian Gunung Elbrus secara umum adalah sepanjang April hingga pertengahan September.

Namun, waktu terbaik untuk mendaki Elbrus adalah bulan Juli hingga Agustus ketika cuaca relatif lebih stabil.

Pendaki yang lebih suka lereng yang lebih tenang bisa mendaki lebih awal atau belakangan pada musim-musim tersebut, namun cuacanya akan cenderung lebih dingin dan kurang bisa diprediksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "HUT RI, Pendaki Muda Indonesia Akan Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/02/105244827/hut-ri-pendaki-muda-indonesia-akan-kibarkan-merah-putih-di-puncak-elbrus?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved