Weekend Bertepatan 1 Suro Picu Naiknya Kunjungan Wisata ke Bantul, Juga Ada Perhelatan Budaya

Akhir pekan yang bertepatan dengan libur 1 Muharram atau 1 Suro di Kabupaten Bantul Provinsi DI Yogyakarta cukup berdampak pada sektor pariwisata

SHUTTERSTOCKSEVYSTOCKS
Ilustrasi pengunjung memadati Pantai Parangtritis. SHUTTERSTOCKSEVYSTOCKS 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Akhir pekan yang bertepatan dengan libur 1 Muharram atau 1 Suro di Kabupaten Bantul Provinsi DI Yogyakarta cukup berdampak pada sektor pariwisata.

Jumlah pengunjung pada weekend 1 Muharram mencapai  41.506 orang. Sedangkan pada akhir pekan sebelumnya tercatat hanya 25.186 orang.

Peningkatan pengunjung terlihat pada destinasi wisata Pantai Parangtritis dan beberapa tempat wisata lainnya.

Baca juga: Geliat Pariwisata Bantul Yogyakarta Mulai Terlihat, Gelar 2 Acara Budaya, Jumat dan Sabtu Ini

"Untuk akhir pekan bertepatan dengan malam 1 suro mengalami lonjakan cukup signifkan dibandingkan pekan lalu," kata Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi kepada wartawan saat dihubungi, Senin (1/8/2022).

Ia menambahkan, total kunjungan wisata akhir pekan selama 29-31 Juli mencapai 41.506 orang. Sementara, pada akhir pekan sebelumnya atau 15-17 Juli 2022 hanya 25.186 orang.

Pantai Parangtritis, salah satu destinasi wisata populer warga Bantul dan luar kota juga dipadati pengunjung pada akhir pekan kemarin.

"Untuk akhir pekan ini kunjungan ke Pantai Parangtritis meningkat 75 persen dibandingkan pekan sebelumnya," kata Ipung, panggilan akrab Markus.


Tradisi Malam 1 Suro jadi Daya Tarik

pantai parangkusumo juga ramai
Pantai Parangkusumo banyak dikunjungi selama libur akhir pekan bertepatan dengan malam 1 Suro. SHUTTERSTOCK/RIFKI ALFIARAHMAN

 

Salah satu faktor yang membuat tempat-tempat wisata dipadati pengunjung adalah karena adanya tradisi malam 1 Suro di berbagai lokasi.

"Menjadi tradisi setiap malam 1 Suro banyak kegiatan ritual yang dilaksanakan di Pantai Parangkusumo," kata dia.

Salah satu pemilik warung di Pantai Parangkusumo, Akhir mengaku ikut merasakan peningkatan pengunjung pada malam 1 Suro. Selain berwisata, biasanya pengunjung ikut ritual malam 1 Suro.

"Tahun ini peringatan malam 1 Suro jauh lebih ramai dari tahun sebelumnya karena dampak Covid-19 yang belum mereda," kata Akhir.

Baca juga: Pantai Selatan Yogya Sepanjang Kawasan Gunungkidul dan Bantul Kembali Diterjang Gelombang Pasang


Namun, selain karena malam 1 Suro, Ipung mengatakan peningkatan kunjungan juga karena adanya perhelatan budaya di Pantai Goa Cemara dan Pantai Kuwaru.

"Pantai barat di Bantul yang biasanya landai saat libur akhir pekan namun saat libur akhir pekan bersamaan dengan libur 1 Muharram pengunjungnya meningkat cukup banyak," kata dia.

Total jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bantul selama satu pekan terhitung 25-31 Juli 2022 mencapai 52.864 orang dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 513 juta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kunjungan Wisata ke Bantul Naik Selama Libur 1 Suro", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/01/110024527/kunjungan-wisata-ke-bantul-naik-selama-libur-1-suro?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved