Jakarnaval Kembali Hadir, Tahun Ini Akan Digelar pada 14 Agustus di Ancol

Jakarnaval merupakan gelaran yang ditunggu-tunggu masyarakat ibu kota Jakarta. Jakarnaval merupakan event yang digelar Pemprov DKI Jakarta.

SHUTTERSTOCK/JIM PHOTOGRAPHY
Ilustrasi Jakarnaval yang diselenggarakan pada beberapa tahun sebelumnya. Tahun 2022 ini Jakarnaval akan digelar pada 14 Agustus di Ancol.  SHUTTERSTOCK/JIM PHOTOGRAPHY 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Jakarnaval merupakan gelaran yang ditunggu-tunggu masyarakat ibu kota Jakarta. Jakarnaval merupakan event yang digelar Pemprov DKI Jakarta.

Berbagai kegiatan bakal terlaksana pada event tahunan Pemprov DKI Jakarta itu.  Mulai dari pawai budaya hingga parade mpbil hia. 

Ada juga pasar malam dan berbagai hiburan lainnya. Semuanya akan terpusat di kawasan Taman Impian Jaya Ancol sisi pintu gerbang timur.

Baca juga: Sandiaga Uno Pesan 120 Helai Kain Tenun Gringsing Bali, Hadiah untuk Delegasi KTT G20

Jakarnaval akan kembali digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-495 DKI Jakarta. Gelaran ini semula dijadwalkan hadir pada 16 Juli 2022, namun diundur menjadi 14 Agustus 2022.

Jakarnaval 2022 akan digelar di kawasan Taman Impian Jaya Ancol sisi pintu gerbang timur.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarnaval adalah acara tahunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sudah menjadi bagian dari Calendar of Event Kemenparekraf.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jakarnaval 2022 akan diramaikan dengan aktivitas seperti berbagai karnaval, pawai budaya, parade mobil hias, dan lainnya.

"Sebagai event tahunan dalam rangka perayaan HUT Jakarta dan menjadi satu event iconic Jakarta, perayaan Jakarnaval 2022 sebenarnya merupakan kegiatan promosi budaya Jakarta dan budaya Nusantara ke masyarakat luas," tulis Kemenparekraf dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (31/07/2022).

Selain itu, Jakarnaval juga menjadi wadah untuk mendukung Intellectual Property (IP) lokal. Diharapkan, para pelaku industri kreatif dan berbagau IP dapat lebih berkembang.

Gelaran ini disebut bakal melibatkan sekitar 200 pelaku industri kreatif dari berbagai bidang, seperti seni, profesional, dan komunitas.

 

agenda tahunan Pemprov DKI Jakarta
Jakarnaval 2022 digelar pada 14 Agustus 2022 di Ancol. SHUTTERSTOCK/JIM PHOTOGRAPHY

Adapun salah satu yang paling ditunggu ketika penyelenggaraan Jakarnaval adalah tampilnya bintang tamu untuk memberikan hiburan pada puncak acara.

Sejumlah musisi papan atas akan meramaikan acara, seperti Tulus, Yura Yunita, Sheila On 7, Maliq & D'Essentials, dan lainnya.

Diharapkan, Jakarnaval 2022 dapat menarik 50 persen penghnjung di Taman Impian Jata Ancol dan 10.000 penonton secara daring serta itamanya berdampak baik bagi kondisi ekonomi.

"Diharapkan pula Jakarnaval 2022 dapat mempromosikan keberagaman budaya Indonesia dan mendukung persatuan bangsa," tulis Kemenparekraf.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jakarnaval 2022 Digelar 14 Agustus di Ancol", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/07/31/200736527/jakarnaval-2022-digelar-14-agustus-di-ancol.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved