Menunggu di Bundaran Gladag, Ratusan Orang Padati Rute Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta

Banyak orang yang belum pernah menyaksikan Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta mengaku penasaran dengan acara kirab yang digelar tengah malam itu

KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Sejumlah kerbau bule saat ikut Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, SURAKARTA - Banyak orang yang belum pernah menyaksikan Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta mengaku penasaran dengan acara kirab yang digelar tengah malam itu.

Untuk mengobati rasa penasaran itu sejumlah warga itu bergabung dengan ratusan orang di Bundaran Gladag menunggu rombongan kirab lewat.

Rombongan kirab yang ditunggu itu baru sampai di bundaran itu sudah lewat tengah malam. Namun itu tidak mengurangi antusiasme mereka menyaksikan rombongan itu.

Baca juga: Kirab HajadDalem Garebeg Besar Alip 1955 di Keraton Solo Kembali Digelar, Berikut Rute yang Dilalui

Bundaran Gladag di Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah yang biasanya sepi saat tengah malam, pada Jumat (29/7/2022) dipadati ratusan orang.

Mereka sudah berkumpul sejak 22.00 WIB untuk menyaksikam Kirab Malam 1 Suro yang digelar Keraton Surakarta Hadiningrat.

Menurut jadwal, kirab dimulai pukul 23.00 WIB. "Penasaran pengen lihat kebo bule yang dikirab," kata seorang pengunjung bernama Yanti (24) kepada Kompas.com, Jumat.

Dirinya mengaku belum pernah menyaksikan kirab dan menyesal karena kirab malah tidak diadakan pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19.

Adapun Bundaran Gladag dipenuhi masyarakat karena merupakan rute yang dilewati rombongan kirab usai keluar dari kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat.

Nantinya, rombongan kirab akan melalui Bundaran Gladag ke utara sampai Jalan Jenderal Sudirman, memutari Benteng Vastenburg ke timur melalui Jalan Mayor Kusmanto, lalu ke selatan melintasi Jalan Kapten Mulyadi, lantas menuju barat memasuki Jalan Veteran.

Kirab berlanjut ke utara melintasi Jalan Yos Sudarso, lalu belok timur melalui Jalan Slamet Riyadi, dan di Bundaran Gladag belok kanan (selatan) kembali masuk ke keraton.

Kompas.com juga berada di tengah rombongan masyarakat yang menunggu rombongan kirab di Bundaran Gladag.

Namun hingga pukul 00.00 WIB, rombongan kirab belum juga lewat.

Banyak orang bertanya-tanya kapan rombongan kirab akan lewat.


Jalannya kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta

Akhirnya pada Sabtu (30/7/2022) pukul 00.15 WIB, rombongan kirab akhirnya tiba di Bundaran Gladag.

Masyarakat pun sangat antusias menyaksikannya. Petugas keamanan sampai beberapa kali berusaha membuka jalan bagi rombongan kirab dari masyarakat yang berkerumun.

Kerbau bule jadi yang pertama lewat, kemudian diikuti peserta kirab yang mengenakan pakaian hitam-hitam.

Ada pula abdi dalem keraton yang membawa pusaka dengan dipikul.

Tampak pula rombongan yang membawa obor dan lampu ting. Setelah rombongan meninggalkan Bundaran Gladag, Kompas.com lantas bergegas berjalan ke arah timur menuju perempatan Luwes Loji Wetan.


Di sini rombongan akan berjalan dari utara ke selatan. Masyarakat ternyata tidak hanya berkumpul di Bundaran Gladag.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved