Embun Es juga Muncul di Sembalun Lombok Timur, Bisa Dilihat dari 2 Bukit, Suhu 16,6 Derajat Celcius

Suhu udara rendah kembali melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur. Akibatnya muncul embun es di beberapa lokasi.

Dok. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Fenomena embun es (frost) di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dok. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Suhu udara rendah kembali melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur. Akibatnya muncul embun es di beberapa lokasi.

Suhu udara rendah di sejumlah kecamatan di Lombok Timur mencapai 16,6 derajat Celcius. Ini jauh lebih rendah dari suhu sebelumnya.

Fenomena inipun mengundang penasaran sejumlah warga atau wisatawan untuk menyaksikannya.

Baca juga: Ingin Melihat Embun Upas? Kunjungi Tiga Tempat Ini

Beberapa hari terakhir, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami suhu yang lebih rendah dari biasanya, dan diperkirakan akan berlangsung hingga Agustus 2022 mendatang.

Mengutip Tribun News, Selasa (26/7/2022), berdasarkan catatan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, suhu paling rendah di NTB terjadi pada Senin (25/7/2022) lalu, yang hanya 16,6 derajat Celcius.

"Untuk saat ini suhu di tempat saya (Desa Sapit, Lombok Timur) pada pukul 04.00 sampai 05.00 pagi mancapai 17 derajat Celcius," kata salah satu pemandu pendakian Gunung Rinjani, Anka Songket Bajang kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Ia melanjutkan bahwa untuk wilayah Sembalun, suhu udara mancapai 10 sampai 15 derajat Celcius

Baca juga: Prediksi Embun Es di Dataran Tinggi Dieng, Jika Malam Cerah tanpa Angin, Pagi Akan Muncul Upas


Kemunculan Embun Es di Area Sembalun

Sehubungan dengan rendahnya suhu, lantas memunculkan fenomena embun es di beberapa titik, termasuk pada area pendakian Bukit Propok dan Bukit Malang, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur.

Anka mengatakan bahwa embun es ini bisa dilihat mulai dari pukul 00.00 WITA sampai dengan pukul 06.00 WITA.

 

kawasan sawah sembalun
Kedai Sawah Sembalun di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Dok Instagram @kedai_sawahsembalun

Namun, untuk mencapai puncak bukit, harus mendaki terlebih dulu selama 5-6 jam dari jalur pendakian di Desa Bebidas, Kecamatan Wanasalam, Lombok Timur.

"Siapkan tenda yang standar, sleeping bag, jaket, sarung tangan, dan keperluan lainnya untuk berkemah," tutur dia.

Adapun biaya berkemah untuk satu malamnya di bukit ini dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 per orang.

Pengunjung berkesempatan untuk melihat embun es ini pada musim kemarau pada Bulan Juli hingga bulan Agustus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fenomena Embun Es di Sembalun Lombok, Bisa Dilihat dari 2 Bukit", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/07/30/083100227/fenomena-embun-es-di-sembalun-lombok-bisa-dilihat-dari-2-bukit.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved