Bagaimana Rasanya Naik Balon Udara di Cappadocia? Kesana Yuk

Naik balon udara adalah suatu aktivitas yang menghibur dan sangat menantang

UNSPLASH/TIMUR GARIFOV
Ilustrasi balon udara panas di Cappadocia, Turkiye. Ada alasan mengapa periode tertentu menjadi waktu terbaik naik balon udara di Cappadocia. (UNSPLASH/TIMUR GARIFOV) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Naik balon udara adalah suatu aktivitas yang menghibur dan sangat menantang.

Apa lagi balon raksasa dan terbang tinggi. Pasti ada rasa takut dan gugup, tapi ada perasaan takjub melihat keindahan dari atas.

Rasa takut dan gugup akan segera lenyap ketika kita mulai menikmati ketinggian, tiupan angin dan pergerakan balon.

Baca juga: Maskapai Turkish Airlines Sajikan Kebab untuk Penumpang Bisnis, Memasak di Atas Udara

Naik balon udara di Cappadocia, Turkiye menjadi salah satu aktivitas wisata populer di dunia. 

Dikutip dari ensiklopedia Britannica, Cappadocia terletak di timur-tengah Anatolia, tepatnya berada di dataran tinggi terjal di utara Pegunungan Taurus, pusat Turkiye saat ini.

Lanskap lembah-lembahnya yang eksotis membuat banyak orang bermimpi untuk pergi ke sana.

Lalu, kapan waktu terbaik naik balon udara di Cappadocia? Berikut ulasannya, seperti dirangkum dari sejumlah sumber.

Waktu Terbaik Naik Balon Udara di Cappadocia

Wisata balon udara di Cappadocia beroperasi sepanjang tahun. Namun, menurut Travel and Leisure, Cappadocia memiliki beberapa periode ketika cuacanya panas, kering, dingin, dan terkadang bersalju saat musim dingin.

langit cappadocia penuh balon
Lihat Foto Akhir April menjadi salah satu waktu terbaik naik balon udara di Cappadocia karena cuacanya yang hangat dan relatif moderat. SHUTTERSTOCK/TRAVEL FAERY

Waktu terbaik naik balon udara di Cappadocia adalah selama musim semi, yakni April hingga Juni, dan musim gugur, yakni September dan Oktober.

Situs Have Halal with Travel juga menyebut bahwa musim tulip, yakni akhir april, merupakan transisi musim semi ke musim gugur, sehingga cuaca relatif hangat dan dianggap ideal.

Hal senada diungkapkan oleh situs perusahaan tur dan perjalanan, Indian Holiday.

Selama Mei hingga Oktober, cuaca di Cappadocia disebut sangat baik sehingga selain naik balon udara, kita juga bisa mengeksplorasi kota-kota terdekat dari Cappadocia dan lembah-lembah mengagumkan yang ada di sana.

Namun, sepanjang Juli dan September adalah musim panas. Beberapa orang mungkin akan merasa suhunya begitu panas dan aktivitas menjadi tidak nyaman.

Baca juga: 10 Tanaman Penjernih Udara Ruangan, Cocok  Ditanam di dalam Rumah

Selain itu, banyak pengunjung cenderung datang selama libur musim panas sehingga situasinya lebih padat.

Namun, jika masih bingung menentukan kapan waktu terbaik naik balon udara di Cappadocia, maka pagi hari pada waktu kapan pun bisa menjadi pilihan paling tepat.

Sebab, berada di ketinggian memungkinkan kita menyaksikan momen matahari terbit di antara formasi lembah dan bebatuan yang begitu eksotis di depan mata.

Pagi hari juga menjadi waktu yang tepat jika kita mau mengambil gambar, sebab jatuhnya cahaya dinilai sangat ideal untuk hasil foto.

Oleh karena itu, kebanyakan penyedia tur balon udara memang menjadwalkan waktu terbang pada pagi hari, antara pukul 05.00 hingga 05.30, tergantung musimnya.

Selain memberikan pemandangan terbaik, kondisi angin jelang matahari terbit juga dianggap yang paling pas.

Tak perlu khawatir terlambat. Sebab, penyedia tur biasanya akan menjemputmu ke hotel. Selamat berlibur!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Waktu Terbaik Naik Balon Udara di Cappadocia?", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/07/27/194913227/kapan-waktu-terbaik-naik-balon-udara-di-cappadocia?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved