Banyak Orang Belum Tahu Keindahan Alam Maluku Utara, Provinsi dengan Penduduk Paling Bahagia

Keindahan alam termasuk bawah laut provinsi Maluku Utara mungkin belum banyak diketahui orang, karena keterbatasan promosi.

SHUTTERSTOCK/MANCIL HARSOYO
Keindahan alam bawah laut Ternate, Maluku Utara. SHUTTERSTOCK/MANCIL HARSOYO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Keindahan alam termasuk bawah laut provinsi Maluku Utara mungkin belum banyak diketahui orang, karena keterbatasan promosi.

Keindahan alam ini seakan melengkapi predikat sebagai provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia.

Keindahan alam ini bisa menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. jika dikelola dengan baik bakal mendatangkan pemasukan.

 

Maluku Utara telah ditetapkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia pada 2021.

Ada beragam keindahan yang bisa ditemukan di provinsi dengan kekayaan alam melimpah ini.

Seperti dilaporkan Kompas.com, Selasa (1/11/20221), BPS mengukur tingkat kebahagiaan berdasarkan 19 indikator yang mencakup tiga dimensi kehidupan.

Adapun dimensi yang dimaksud adalah dimensi kepuasan hidup (life satisfaction), dimensi perasaan (affect), dan dimensi makna hidup (eudaimonia).

Survei ini dilakukan serentak di semua kabupaten atau kota di 34 provinsi Indonesia, mulai 1 Juli 2021 sampai 27 Agustus 2021. Survei ini juga ada dalam buku BPS bertajuk Indeks Kebahagiaan 2021.

Baca juga: Film Underwater, Menguak Misteri Bawah Laut

Dari indeks tersebut, Maluku Utara memiliki skor 76,34 dan lebih tinggi dari seluruh provinsi di Indonesia. Maluku Utara tergolong sebagai provinsi kepulauan.

Britannica menyebut ada pulau-pulau kecil dan besar berjumlah sekitar 400 pulau dengan potensi wisata bahari. Daerah penghasil rempah-rempah ini juga memiliki deretan daya tarik yang menambah lengkap sumber kebahagiaan penduduk.

 

Keindahan Provinsi Maluku Utara

Berikut beberapa keindahan Maluku Utara yang Kompas.com rangkum dari berbagai sumber.

Provinsi yang dikenal sebagai surga burung endemik ini memiliki sejumlah tempat yang bisa dikunjungi jika ingin melakukan pengamatan. Salah satunya yaitu di Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Mamalia seperti kelelawar, musang, rusa, babi rusa (sejenis babi liar), dan berbagai jenis tikus juga banyak ditemukan di alam.

Baca juga: Begini Potret Mewah Hotel Bawah Laut di Maldives yang Tarifnya Mencapai Rp737 Juta per Malam!

 

Sumber rempah-rempah dan kekayaan alam

Roda perekonomian Maluku Utara sebagian besar bersumber dari sektor pertanian khususnya rempah-rempah, serta perikanan dan lainnya.

Mengutip laman Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Maluku Utara, komoditas utama milik provinsi ini di antaranya seperti kopra, buah pala, cengkeh, kelapa, dan kopi.

Untuk jenis perikanan, ikan laut terutama tuna, serta kerang, lobster, udang, dan cumi-cumi, merupakan produk utama, mengutip Britannica.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved