NTT Punya Objek Wisata Kelas Dunia, Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta Ikut Berbangga

Perkembangan dan kemajuan pariwisata Indonesia, terutama di Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapat apresiasi dari Presiden Timor Leste Ramos Horta

Dok. Kementerian PUPR
Pemandangan kawasan Marina di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. Dok. Kementerian PUPR 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, KUPANG - Perkembangan dan kemajuan pariwisata Indonesia, terutama di Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapat apresiasi dari Presiden Timor Leste.

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki sejumlah objek wisata berkelas dunia. Seperti Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo dan Rinca, Kawasan Labuan Bajo, danau tiga warga Kelimutu di Ende.

Pengelolaan objek wisata itu juga mulai profesional. Perhatian pemerintah juga terus meningkat. Terutama Labuan Bajo yang menjadi objek wisata paling prioritas.

Baca juga: Satu Hotel di Nusa Tenggara Timur Tembus Peringkat 37 Terbaik Dunia 2022, Versi Travel and Leisure

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta saat berkunjung ke Labuan Bajo mengapresiasi kemajuan pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pernyataan itu ia sampaikan saat pertemuan dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Pelataran Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat (22/07/2022).

"Di Labuan Bajo ini sungguh luar biasa karena segala yang ada di sini, pada pariwisatanya memiliki kualitas kelas dunia," kata Horta.

Sebagai negara tetangga, lanjut Horta, pihaknya tentu berbangga dengan pariwisata yang dimiliki NTT.

Dalam pertemuan itu, Horta dan Viktor juga membahas tentang kebijakan ekspor free trade zone di wilayah Perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Horta menyambut baik rencana kebijakan free trade zone tersebut.

Baca juga: Labuan Bajo Terus Mempercantik Diri, Andalkan Desa Wisata hingga Pulau Rinca untuk Gaet Banyak Turis


Sementara itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyebutkan bahwa kemajuan pariwisata di NTT, terutama di Labuan Bajo adalah hasil sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan pusat.

Pemerintah juga ikut mendukung investor yang masuk ke NTT.

"Terima kasih dukungan penuh dari Presiden Jokowi untuk pembangunan pariwisata di NTT khususnya Labuan Bajo sebagai kawasan super premium," ujar Viktor.

Kondisi itu, lanjut Viktor, tentu berdampak positif serta memiliki manfaat untuk daerah dan masyarakat NTT.

pemimpin timor
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, saat menggelar pertemuan dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Labuan Bajo, Sabtu (23/7/2022). Dokumen Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT

Adapun menurut Viktor, Timor adalah pulau kecil dengan dua negara. Batas negara di Pulau Timor antara Indonesia dengan Timor Leste, kata dia, hanyalah terkait batas politik dan kedaulatan.

Bukan batas budaya, sosial, dan ekonomi. "Karena itu yang perlu dibangun bukan hanya aspek politiknya, tapi juga sosial budaya, ekonomi serta perdagangannya," tutur Viktor

Ia melanjutkan, free trade zone akan punya manfaat besar bagi kedua negara dan sudah disetujui Presiden Jokowi.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden Timor Leste Sebut Pariwisata NTT Kelas Dunia", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/07/23/091610427/presiden-timor-leste-sebut-pariwisata-ntt-kelas-dunia.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved