Labuan Bajo Terus Mempercantik Diri, Andalkan Desa Wisata hingga Pulau Rinca untuk Gaet Banyak Turis

Wisata pantai menjadi andalan sejumlah objek wisata di Nusa Tenggara Timur. termasuk Labuan Bajo dan sejumlah pantai lainnya.

Dok. Kementerian PUPR
Wajah baru Pulau Rinca di Taman Nasional (TN) Komodo. Dok. Kementerian PUPR 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Wisata pantai menjadi andalan sejumlah objek wisata di Nusa Tenggara Timur. termasuk Labuan Bajo dan sejumlah pantai lainnya.

Memang pemandangan alam di sejumlah pantai di NTT sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata pantai inipun menjadi andalan untuk menggaet wisatawan.

 

Labuan Bajo di Nusa Tenggara Barat (NTT) selama ini populer di kalangan wisatawan dengan wisata pantai. Untuk menggaet lebih banyak wisatawan, destinasi di Kabupaten Manggarai Barat itu terus mempercantik diri.

Termasuk menghadirkan area seperti water front, penataan kawasan Pulau Rinca dan Marina Labuan Bajo, hingga daya tarik wisata lain, seperti Goa Batu Cermin serta desa-desa wisata.

Kawasan Marina Labuan Bajo, misalnya, usai bersolek bisa lebih nyaman digunakan sebagai tempat berkegiatan dan pertunjukan seni.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno meyakini semua upaya tersebut bisa memenuhi target kunjungan 1,1 juta wisatawan per tahun yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Runway Bandara Komodo di Labuan Bajo Diperpanjang, Total 2.650 Meter, Boeing 737 Bisa Mendarat

Sebab, Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

“Promosi akan kami lakukan sehingga menempatkan Labuan Bajo sebagai destinasi unggulan. Kami cukup yakin dengan target 1,1 juta wisatawan pertahun yang diberikan oleh Presiden,” kata Sandiaga seusai mendampingi presiden di Labuan Bajo, Kamis (21/07/2022), seperti dikutip dari keterangan tertulis ynag diterima Kompas.com.

Sinar matahari menggurat jingga mewarnai langit Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/11/2015). Foto ini diambil dari Paradise Bar di Jalan Binongko, Kampung Ujung, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang dapat dilihat adalah aktitivitas di Pelabuhan Bajo dan gugusan pulau. Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo
Sinar matahari menggurat jingga mewarnai langit Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/11/2015). Foto ini diambil dari Paradise Bar di Jalan Binongko, Kampung Ujung, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang dapat dilihat adalah aktitivitas di Pelabuhan Bajo dan gugusan pulau. Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo (Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo)

Di samping itu, pengelolaan sampah terpadu juga disiapkan unttuk menciptakan Labuan Bajo yang nyaman, sehingga lebih banyak wisatawan datang dan ekonomi masyarakat sekitar bisa ikut terangkat.

Adapun pada kesempatan tersebut, Sandiaga turut mendampingi Jokowi meresmikan perluasan Bandara Komodo yang kini dapat menampung hingga satu juta wisatawan.

Baca juga: Kopi Flores jadi Minuman Resmi Side Event Presidensi G20 di Labuan Bajo, Berikut Alasannya

Jokowi berpesan agar wajah baru Labuan Bajo tersebut dapat dirawat bersama-sama.

“Pertama, ramah terhadap wisatawan. Ini penting sekali, setuju? Yang kedua, jangan buang sampah sembarangan, karena sekarang Labuan Bajo sudah bersih dan sudah cantik. Jangan membuang sampah sembarangan, setuju? Setiap bulan kerja bakti, bersih-bersih, agar kawasan ini terus terpelihara dengan baik dan semakin cantik dari hari ke hari,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Desa Wisata hingga Pulau Rinca, Andalan Gaet Banyak Turis ke Labuan Bajo", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/07/22/145952527/desa-wisata-hingga-pulau-rinca-andalan-gaet-banyak-turis-ke-labuan-bajo.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved