Tak Ada Candi Borobudur di Daftar 7 Keajaiban Dunia, Tidak Masuk 21 Finalis, Dipilih 100 Juta Orang

Sebagian besar masyarakat Indonesia selama ini beraggapan bahwa candi kebanggaan tanah air, Candi Borobudur adalah satu dari tujuh keajaiban dunia

SHUTTERSTOCK/PANAT FOTO
Stupa di Candi Borobudur. SHUTTERSTOCK/PANAT FOTO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM – Sebagian besar masyarakat Indonesia selama ini beraggapan bahwa candi kebanggaan tanah air, Candi Borobudur adalah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Namun berita terakhir menyebutkan bahwa candi yang terletak di Magelang Jawa Tengah ini, bukan hanya tereliminasi dari daftar 7 keajaiban dunia, namun juga tak masuk daftar 21 finalis.

Tak perlu berkecil hati, meski tak masuk daftar 7 keajaiab dunia, Candi Borobudur tetap terdaftar sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.

Baca juga: Pegelola Candi Borobudur Larang Wisatawan Naik ke Bagian Atas, Berikut Penjelasannya

Candi Borobudur yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, banyak dianggap orang-orang sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia.

Namun, ternyata kenyataannya tidak demikian. Candi Borobudur tidak masuk dalam daftar 7 Keajaiban Dunia.

Adapun daftar 7 Keajaiban Dunia atau New 7 Wonders of The World bermula dari gagasan yayasan asal Swiss bernama New Open World Coorporation (NOWC) pada tahun 2000, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

Kompas.com, Sabtu (16/7/2022) memberitakan bahwa NOWC melakukan pemungutan suara pada 2004 sampai 2005 terhadap 176 nominasi 7 Keajaiban Dunia.

Voting dilakukan oleh 100 juta orang di seluruh dunia. Saat itu, memang Candi Borobudur di Magelang dan Sawah Terasering Tagallalang di Bali masuk dalam daftar nominasi.

Baca juga: Update Terkini Harga Tiket Masuk Kawasan Candi Borobudur, Harga Mulai Rp 25 Ribu

Hasil voting kemudian menyaring 77 dari 176 nominasi itu, kemudian dikerucutkan lagi menjadi 21 finalis. Untuk Candi Borobudur dan Sawah Terasering Tagallalang, keduanya tidak masuk dalam daftar finalis.

Daftar 7 Keajaiban Dunia Dikutip dari Britannica, hasil akhirnya diumumkan pada 7 Juli 2007 di Lisbon, Portugal yang mengumumkan daftar 7 Keajaiban Dunia, yakni:

1. Tembok Besar China

2. Chichén Itzá, Meksiko

3. Petra, Yordania

4. Macchu Picchu, Peru

5. Patung Yesus Kristus Sang Penebus, Brasil

6. Colosseum, Italia

7. Taj Mahal, India.

Baca juga: Ditemukan Orang Inggris, Ini Enam Fakta Candi Borobudur


Adapun selain Sawah Terasering Tegallalang dan Candi Borobudur, salah satu tempat terkenal di dunia yang tidak masuk nominasi adalah Acropolis di Yunani.

Sebagai informasi, hasil pemungutan suara itu pun menuai banyak kritik karena NOWC hanya memperkenalkan tempat-tempat terkenal yang diketahui banyak orang.

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pun memilih tidak ikut campur dan hanya membantu negara-negara dalam mengidentifikasi, melindungi, dan melestarikan Warisan Dunia.

Meski tidak masuk dalam daftar 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur masih masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Candi Borobudur Ternyata Tidak Masuk Daftar 7 Keajaiban Dunia", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/07/17/184307127/candi-borobudur-ternyata-tidak-masuk-daftar-7-keajaiban-dunia?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved