Jemaah Haji Jangan Khawatir, Ada Jatah 5 Liter Air Zamzam Gratis, Diambil di Debarkasi Masing-masing

Demi keamanan dan keselamatan penerbangan, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan sejumlah aturan terkait barang bawaan penumpang di pesawat terbang

SHUTTERSTOCK/AZWANLAZAM
Ilustrasi jemaah haji meminum air zamzam di Madinah, Arab Saudi. SHUTTERSTOCK/AZWANLAZAM 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM  - Demi keamanan dan keselamatan penerbangan, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan sejumlah aturan terkait barang bawaan penumpang di pesawat terbang, terutama Air Zamzam.

Air Zamzam yang menjadi oleh-oleh khas jemaah haji juga harus mengikuti aturan pemerintah tersebut. 

Jemaah haji dilarang membawa air Zamzam dalam botol yang dimasukkan dalam koper lalu diangkut di bagasi. Jika ketahuan koper akan dibongkar.

 

Sejumlah bagasi jemaah haji asal Indonesia dibongkar karena kedapatan membawa air Zamzam yang disimpan dalam botol-botol dan jeriken di dalam koper, pada Kamis (14/7/2022), seperti dilaporkan Kompas.com.

Para jemaah haji secara bertahap mulai kembali ke negara masing-masing sejak Jumat (15/7/2022), seiring dengna berakhirnya pelaksanaan haji 2022. Saat kepulangan, biasanya mereka akan membawa air Zamzam.

Air dari sumur di Arab Saudi ini memang menjadi salah satu oleh-oleh khas setelah ibadah haji maupun umrah. Lalu, bagaimana aturan bagi para jemaah yang ingin membawa pulang air Zamzam? Berikut ketentuannya.

Dilarang bawa dalam koper atau bagasi Untuk diketahui, seluruh jemaah haji tidak diperbolehkan membawa air Zamzam ke dalam koper atau bagasi pesawat saat pulang ke Tanah Air.

Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Bandara, Haryanto mengatakan, larangan itu terkait dengan aturan keselamatan penerbangan.

Baca juga: Biaya Haji Ditetapkan Rp 39,8 Juta, Berikut Perincian yang Dibebankan ke Calon Jemaah Haji


Lebih lanjut, Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan alat pemindai multiview, yang mampu mendeteksi barang-barang terlarang di bagasi penumpang, termasuk air Zamzam.

“Bahkan perusahaan pengangkut mengingatkan bahwa 1 ml air pun dilarang dimasukkan ke bagasi,” kata Haryanto, di Makkah (23/6/2022), dikutip dari laman Kementerian Agama.

Kasie Pelayanan dan Pemulangan (Yanmul) Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Edayanti Dasril Munir menambahkan, larangan ini berdasarkan aturan keamanan dan keselamatan penerbangan internasional.

“Ini based on safety regulation. Jadi barang yang tidak boleh dibawa antara lain aerosol, bahan mudah meledak, senjata tajam, uang dengan jumlah tertentu, termasuk air Zamzam, tidak boleh masuk dalam bagasi jemaah,” kata Edayanti.

Baca juga: Arab Saudi Buka Kuota Jemaah Haji Tahun Ini Sebanyak 1 Juta Orang, Ini Persyaratannya

Jemaah Akan Dapat Air Zamzam Khusus

Meski jemaah dilarang untuk membawa air Zamzam di dalam bagasi atau kabin, masing-masing orang nantinya akan mendapat jatah lima liter air Zamzam secara cuma-cuma. Nantinya, air Zamzam bagi para jemaah haji akan dibagikan di debarkasi kepulangan.

 "Jamaah haji Indonesia tidak perlu repot membeli air Zamzam. Semuanya akan dapat lima liter dan itu dibagikan di Tanah Air, tepatnya saat tiba di asrama haji debarkasi," ujar Edayanti, di Makkah, dikutip dari Antara (12/7/2022).

samsam2
Pengecekan bagasi jemaah-jemaah haji Indonesia, ditemukan air zam-zam di dalam koper yang dilarang selama penerbangan. (Dok. Kompas TV)


Ia menjelaskan, Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) Jeddah mengumumkan bahwa jemaah haji diperbolehkan membawa lima liter air Zamzam saat kembali ke negaranya dengan mekanisme yang harus ditepati. "Mekanisme ini kami ambil untuk memudahkan jemaah haji Indonesia," tuturnya.

Edayanti berharap, jemaah haji Indonesia dapat mematuhi aturan yang diberlakukan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA).

Proses penimbangan dan pemeriksaan bagasi Ia menjelaskan, proses penimbangan dan pemeriksaan bagasi jemaah akan dilakukan dua hari sebelum keberangkatan ke Bandara Jeddah.

Baca juga: Pemeritah Arab Saudi Keluarkan Kebijakan Baru untuk Haji dan Umrah, Tak Ada Lagi Batasan Jarak

Pemeriksaan tersebut, kata Edayanti, untuk memastikan berat maksimal koper bagasi sesuai ketentuan, yaitu maksimal 32 kg, dan tidak ada barang yang dilarang, termasuk air Zamzam. “Koper bagasi dikumpulkan dua hari sebelum penerbangan. Barang bagasi maksimal 32 kg per jemaah,” ujarnya.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved