Fakta Indonesia Melejit dari Posisi 31 ke Peringkat 2 Negara Terbaik untuk Ekspatriat, Indikatornya?

Indikator kemudahan menetap dan keuangan pribadi menjadi faktor penentu keberhasilan Indonesia merangsek naik ke puncak daftar negara terbaik

SHUTTERSTOCK/Elizaveta Galitckaia
Ilustrasi Wisatawan - Seorang turis asing sedang berbelanja di Pasar Seni Ubud, Bali. SHUTTERSTOCK/Elizaveta Galitckaia 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Indikator kemudahan menetap dan keuangan pribadi menjadi faktor penentu keberhasilan Indonesia merangsek naik ke puncak daftar negara terbaik untuk ekspatriat.

Sebelumnya Indonesia berada di tempat ke-31 daftar negara terbaik untuk ekspatriat menurut survei Expat Insider 2021.

Indonesia kemudian melejit ke puncak bersama Meksiko di pemuncak klasemen dengan merebut peringkat kedua negara terbaik untuk ekspatriat berdasarkan survei Expat Insider 2022 yang diselenggarakan oleh InterNations.

Baca juga: Musim Libur Sekolah, Yogyakarta Terasa Penuh, Diserbu Ratusan Ribu Wisatawan dari Berbagai Daerah

Untuk diketahui, ekspatriat adalah orang yang tinggal sementara atau menetap di luar negara asalnya.

Berdasarkan informasi dari laman resminya, InterNastions merupakan sebuah jaringan ekspatriat global terbesar di dunia, dengan anggota mencapai 4,5 juta orang yang tersebar di 420 kota di seluruh dunia. InterNastions memiliki kantor resmi di Munich, Jerman.

Mengutip laporan survei Expat Insider 2022 Meksiko menjadi negara terbaik bagi ekspatriat tahun ini. Meksiko berhasil menggeser posisi Taiwan yang menyandang gelar negara terbaik untuk ekspatriat tahun lalu, berdasarkan Expat Insider 2021.

“Pada peringkat negara terbaik (bagi ekspatriat) 2022, ekspatriat sangat menghargai kemudahan menetap dan keuangan mereka,” tulis InterNations dalam laporan Expat Insider 2022, dikutip dari situs resminya, Minggu (17/7/2022).

Lantas, apa alasan Indonesia meraih peringkat kedua negara terbaik untuk ekspatriat di dunia? Berikut penjelasannya seperti dirangkum Kompas.com.

Metode

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa sejak 2014, InterNations rutin menggelar survei Expat Insider. Pada survei Expat Insider 2022, sebanyak 11.970 ekspatriat menjadi responden.

Mereka mewakili 177 kebangsaan, serta tersebar di 181 negara. Agar sebuah negara masuk dalam daftar peringkat Expat Insider 2022, maka ukuran sampel minimal 50 responden.

Baca juga: Pemerintah Harus Menggelar Event Pariwisata Sesering Mungkin, Upaya Gaet Turis Asing ke Indonesia

Survei Expat Insider 2022 dilakukan langsung oleh InterNations, mulai 1 hingga 28 Februari 2022. Kuesioner online diberikan melalui jaringan, buletin, dan media sosial InterNations.

Responden survei mencakup semua kategori ekspatriat, mulai dari karyawan perusahaan multinasional hingga ekspatriat mandiri. Survei Expat Insider 2022 mengukur 56 indikator untuk menentukan negara terbaik bagi ekspatriat.

Indikator tersebut mencakup hampir setiap aspek pengalaman ekspatriat, mulai dari keuangan, kemudahan menetap, biaya perumahan, biaya hidup, hingga mencari teman lokal.

Setiap ekspatriat diminta untuk memberikan penilaian dari setiap indikator pada skala 1-7.

“Pandangan yang dikumpulkan dalam survei memberikan gambaran seperti apa kehidupan ekspatriat saat ini, dan juga memberikan wawasan tentang negara tempat tinggal ekspatriat di seluruh dunia,” tulis InterNations.

Baca juga: Angka Kunjungan Wisata ke Labuan Bajo Meningkat Pesat, Hingga Juni 2022 Tercatat 65.000 Wisatawan

Alasan Indonesia raih peringkat 2 negara terbaik untuk ekspatriat Indonesia berada di peringkat kedua negara terbaik bagi ekspatriat berdasarkan Expat Insider 2022.

Padahal, tahun lalu Indonesia berada di peringkat 31. InterNations menyatakan Indonesia mendapatkan penilaian bagus pada indikator kemudahan menetap dan keuangan pribadi.

“Hampir dua dari tiga ekspatriat (64 persen responden dibandingkan 45 persen secara global untuk indikator yang sama) mengatakan bahwa pendapatan rumah tangga mereka yang dapat dibelanjakan lebih dari cukup untuk menjalani kehidupan yang nyaman,” tulis InterNations.

Indonesia juga mendapatkan penilaian bagus dari para ekspatriat untuk indikator bahasa dan perumahan. Secara umum, ekspatriat menyatakan perumahan di Indonesia mudah ditemukan dan harganya terjangkau.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved