Viral Keluhan Fasilitas KA Fajar Utama dapat Likes Sebanyak 32.700 dan Di-retweet 4.511 Kali

Fasilitas umum untuk rakyat sering lolos dari perhatian otoritas setempat. Seperti kereta api atau bus. Masyarakat juga mulai berani protes jika

KOMPAS.COM/Dok PT KAI Daop 5 Purwokerto
Ilustrasi Kereta Api (KA) Sawunggalih. KOMPAS.COM/Dok PT KAI Daop 5 Purwokerto 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Fasilitas umum untuk rakyat sering lolos dari perhatian otoritas setempat. Seperti kereta api atau bus. Masyarakat juga mulai berani protes jika fasilitas tak sesuai tarif.

Keluhan masyarakat itu biasanya cepat tersebar jika itu terkait fasilitas umum, termasuk angkutan penumpang jarak jauh seperti bus atau kereta api.

Pemerintah setempat atau otoritas terkait fasilitas umum itu diminta segera membenahi fasum-fasum itu, agar memberi kenyamanan bagi warga atau pengguna atau penumpang.

Seorang penumpang kereta api (KA) mengeluhkan fasilitas KA Fajar Utama. Keluhan penumpang tersebut viral di media sosial Twitter.

Melalui akun Twitter, @Rismania penumpang KA Fajar Utama tersebut mengatakan, ia telah membeli tiket dengan harga hampir setara dengan KA kelas eksekutif.

Namun, dalam unggahan fotonya, tampak penumpang tersebut (beserta sang anak) mendapatkan kursi gerbong ekonomi 2x2 berhadap-hadapan.

“Anak saya sedih kecewa, udah pake baju kereta, pas naik beli tiket KA Fajar Utama tapi dapet kelas gerbongnya yang ini @KAI121 tanpa pemberitahuan awal. Padahal harga yang dibayar hampir setara gerbong eksekutif. Boleh dibantu respon baiknya @KAI121?,” tulis akun @Rismania, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Tiket Kereta Api Buat Mudik Sudah Dibuka, PT.KAI Bocorkan Jadwal Keberangkatan Paling Padat


Hingga berita ini ditulis, unggahan tersebut telah mendapatkan likes sebanyak 32.700 dan di-retweet sebanyak 4.511 kali. Pengguna Twitter lain turut berkomentar menanggapi unggahan tersebut.

Salah satunya menyayangkan bahwa fasilitas KA Fajar Utama semakin turun (downgrade).

“Namaku diambil dari kereta ini, dulu memang hanya kelas bisnis. Tapi makin hari makin downgrade sepertinya..sad,” tulis salah satu pengguna Twitter.


Penjelasan KAI

PT Kereta Api Indonesia Persero atau KAI menanggapi keluhan penumpang tersebut. Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto, menyampaikan permohonan maaf.

“KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan KA, dan terima kasih atas kepercayaannya kepada transportasi kereta api,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Ia lantas menjelaskan bahwa KA Fajar Utama saat ini menggunakan rangkaian kelas eksekutif dan ekonomi. Khusus untuk KA kelas ekonomi, terdapat rangkaian kereta ekonomi SS dan ekonomi package.

Bedanya, tempat duduk kereta ekonomi SS tidak saling berhadapan (kecuali kursi bagian tengah). Jadi, tempat duduk kereta ekonomi SS terbagi menjadi dua dalam satu gerbong, setengah tempat duduk sejalan dengan arah kereta, sebagian melawan arah kereta.

Baca juga: Beli Tiket Kereta Api dapat Diskon Rp 50 Ribu, Berikut Syaratnya

Sedangkan, tempat duduk ekonomi package adalah saling berhadapan antar penumpang.

Meski berbeda tempat duduk, namun Supriyanto menuturkan tidak ada penurunan pelayanan.

“Untuk penggunaan rangkaian kereta ekonomi SS maupun ekonomi package, bahwa dalam hal ini tidak ada penurunan pelayanan, masih sama-sama layanan kelas ekonomi,” terangnya.

Saat dikonfirmasi terkait kelas tiket penumpang, Supriyanto mengatakan bahwa penumpang tersebut membeli tiket ekonomi. Supriyanto juga menjelaskan bahwa KAI tidak merincikan jenis rangkaian kereta ekonomi dalam pembelian tiket.

“Tidak berbeda (tiket ekonomi SS dan ekonomi package) dan tidak dispesifikkan di tiket, karena rangkaian sarananya bisa bergantian. Jadi di tiket tidak ada ketentuan SS atau package,” terangnya.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved