Pemkab Manggarai Barat Terus Gelar Event di Objek Wisata Super Premium untuk Jaring Wisatawan

Pemkab Manggarai Barat tidak berpangkutangan dengan mengandalkan beberapa objek wisata andalan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah atau APBD

SHUTTERSTOCK/Harry Hermanan
Objek wisata Labuan Bajo tampak dari udara. SHUTTERSTOCK/Harry Hermanan 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Pemkab Manggarai Barat tidak berpangkutangan dengan mengandalkan beberapa objek wisata andalan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah atau APBD.

Pemerintah harus terus menggelar event-event berskala agak besar untuik menarik minat wisatawan, untuk mengunjungi event ini.

Dengan menyelenggarakan event, roda ekonomi akan berputar dan berputar terus. Pemulihan ekonomi dan pariwisata semakin cepat.

Pemkab Manggarai Barat bersama Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) menggelar pameran Karya Kreatif Mabar Bangkit 2022 di teras kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo, pada Selasa, (12/7/2022).

Kegiatan itu akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 12 sampai 16 Juli 2022.

Pameran melibatkan 50 stan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan berbagai jenis produk lokal yang sudah siap dipasarkan.

"Pengunjung dipastikan akan mendatangi stan UMKM pada pameran Karya Kreatif Mabar Bangkit 2022 di lokasi Kuliner Kampung Ujung Labuan," kata Ketua Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) Manggarai Barat Kendi Mayangsari Latubatara dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Kopi Flores jadi Minuman Resmi Side Event Presidensi G20 di Labuan Bajo, Berikut Alasannya

Ia menyebutkan, produk-produk yang dipamerkan, antara lain kain wastra, pakaian jadi, kerajinan hingga kuliner.

Pameran Karya Kreatif itu, lanjut dia, mengangkat sisi keindahan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium dengan tagar "UMKM kuat, Mabar bangkit, bangsa berdaulat".

"Pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM di Kabupaten Manggarai Barat dengan target pasar nasional dan internasional," katanya.

Ia mengungkapkan, Akuntas dan Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi bersama OPD lainnya sepakat untuk mengadakan pameran produk wastra dan turunan wastra.

pemandangan sunset di labuan bajo
Sinar matahari menggurat jingga mewarnai langit Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/11/2015). Foto ini diambil dari Paradise Bar di Jalan Binongko, Kampung Ujung, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang dapat dilihat adalah aktitivitas di Pelabuhan Bajo dan gugusan pulau. Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo

Produk yang dipasarkan mulai dari aksesori perca, mulai dari fesyen tenun dan suvenir, produk makanan dan minuman kemasan yang bisa dijadikan oleh-oleh, hIngga seluruh produk UMKM yg memiliki daya tarik dan daya jual yang bagus bagi wisatawan.

"Pameran ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kreativitas, inovasi dan digitalisasi UKM serta mendorong pemulihan ekonomi kreatif pasca-pandemi Covid-19," sambung dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pameran Produk UMKM di Kampung Ujung Labuan Bajo, Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca-pandemi " Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/07/12/150300827/pameran-produk-umkm-di-kampung-ujung-labuan-bajo-upaya-pemulihan-ekonomi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved