200 Ribu Lebih Wisatawan Serbu Gunungkidul Yogyakarta Saat Libur Sekolah

Selama musim libur sekolah, jumlah wisatawan yang memenuhi sekitar 5 objek wisata paling terkenal, masing-masing mendapat ratusan ribu pengunjung

KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO
Gunung Ireng, Patuk, Gunungkidul Sabtu (26/3/2022) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Sejumlah objek wisata di Daerah Istimewa atau DI Yogyakarta menjadi tujuan kunjungan wisatawan.

Selama musim libur sekolah, jumlah wisatawan yang memenuhi sekitar 5 objek wisata paling terkenal, masing-masing mendapat ratusan ribu pengunjung.

Wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul selama dua pekan libur sekolah mencapai 223.258 orang.

 

Meski demikian, Dinas Pariwisata Gunungkidul sebetulnya tidak menetapkan target khusus untuk kunjungan wisatawan pada periode tersebut.

"Untuk total Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 1,4 miliar selama libur sekolah kemarin," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/7/2022).

Di antara kunjungan selama liburan sekolah, pantai masih menjadi destinasi favorit, disusul dengan desa wisata, seperti Nglanggeran dan Bleberan.

"Untuk desa wisata kunjungan sudah mulai meningkat kembali, setelah sempat sepi selama pandemi," ucapnya.

Arif menyebutkan, beberapa strategi meningkatkan kunjungan wisatawan ke depannya adalah gencar melakukan promosi dan menggandeng pelaku wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun untuk target PAD 2022 yakni sebesar Rp 27 miliar, saat ini capaiannya sudah hampir 50 persen.

pantai kukup GK Yogya
Pengunjung memadati kawasan wisata, Pantai Kukup, Gunungkidul, DIY, Rabu (4/5/2022). KOMPAS.com/MARKUS YUWONO

 

Wisatawan Diminta Waspadai Ubur-ubur

Pada bagian lain, pengunjung wisata pantai diimbau untuk mewaspadai kemunculan ubur-ubur yang menyengat.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menjelaskan, ubur-ubur biasanya muncul selama Juli sampai pertengahan September.

"Ubur-ubur diketahui sejak Sabtu 9 Juli kemarin dan pengunjung diharapkan tidak panik ketika tersengat. Total sudah ada 16 orang," kata Marjono.

Baca juga: Tidak Cuma Pantai, Ada 10 Objek Wisata di Gunung Kidul 


Biasanya ubur-ubur tidak sengaja tersentuh wisatawan karena memang bentuknya tipis berwarna biru dan tak terlalu jelas terlihat.

Binatang laut yang tergolong ke dalam kelas Scyphozoa itu memiliki tubuh berbentuk seperti payung berumbai dan bisa menyebabkan gatal di kulit jika tersentuh. Namun, jika tidak kuat bisa menyebabkan sesak napas.

"Obat sudah kami siapkan, tabung oksigen juga sudah siap," kata dia. "Kalau kena (tersengat) langsung dibersihkan dengan air biasa, atau air laut. Yang pasti tentakelnya jangan sampai menempel."


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Libur Sekolah, Gunungkidul Dikunjungi Lebih dari 200.000 Wisatawan", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/07/13/150010927/libur-sekolah-gunungkidul-dikunjungi-lebih-dari-200000-wisatawan?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved