Jika Anda ke Belitung, Jangan Lupa Pulang Bawa Sirup Jeruk Kunci dan Kopi Kong Djie

Dunia pariwisata tidak lepas dari yang namanya buah tangan atau oleh-oleh. Buah tangan adalah satu cara mempromosikan objek wisata, atau sebaliknya

DOK. SHUTTERSTOCK
Indahnya Pantai Tanjung Kelayang DOK. SHUTTERSTOCK 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Dunia pariwisata tidak lepas dari yang namanya buah tangan atau oleh-oleh. Buah tangan adalah salah satu cara mempromosikan objek wisata, atau sebaliknya objek wisata mempopulerkan buah tangan.

Maka para pelaku usaha pariwisata terus memproduksi semua jenis buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung. 

Oleh-oleh itu umumnya berupa makanan atau minuman khas terutama yang herbal buatan UMKM setempat.

Baca juga: Daftar Oleh-oleh Khas Kaltim yang Bisa Dibeli di Kota Balikpapan

Selain itu oleh-oleh juga berupa pakaian khas, dan asesoris-asesoris unik dan menarik minat turis untuk memilikinya.

Selain dikenal akan keindahan alamnya, Pulau Belitung juga punya sederet daftar oleh-oleh yang sayang untuk dibawa pulang.

Maka sebelum pulang pada Jumat (8/7/2022), Kompas.com mampir sejenak di Toko Oleh-oleh Klapa Belitung, Jalan Air Saga Nomor 89, Air Saga, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, untuk membeli buah tangan.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Saat Liburan ke Kota Palembang

Sebelum membeli oleh-oleh, Kompas.com bertanya kepada pegawai toko bernama Landa, untuk merekomendasikan makanan apa saja yang wajib dibawa pulang.

Berikut ini 6 rekomendasi oleh-oleh khas Belitung yang wajib kamu beli sebelum pulang:

1. Sirup Jeruk Kunci
Sejauh pantauan Kompas.com setiap menyantap sarapan dan makan siang, beberapa warung makan di Belitung kerap menyediakan menu es jeruk kunci.

Lihat Foto Sirup kunci khas Belitung (Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong)
Rasanya asam, manis dan segar seperti es jeruk umumnya. Namun, warnanya cenderung lebih pudar dibanding jeruk lain. Adapun Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung terkenal sebagai daerah penghasil jeruk kunci berkualitas.

Nah, dari pada ribet menenteng berkilo-kilo jeruk kunci, kamu bisa membawanya dalam bentuk sirup, yang dijual seharga Rp 35.000 sebotol nya untuk ukuran 350 mililiter (ml). Minuman khas Belitung ini berasal dari perasan air jeruk kunci dan sedikit tambahan gula, sehingga kamu hanya perlu menambahkan sejumlah air dan es batu untuk menyajikannya.

2. Lada Belitung

Wisatawan bisa membeli lada khas Belitung sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tersedia dua versi lada yang bisa kamu beli. Keduanya adalah lada hitam dan lada putih. Dengan harga mulai dari Rp 17.000. Kualitas lada Belitung yang mendunia sudah tak perlu diragukan lagi.

Bahkan, sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya, Sabtu (25/6/2022), lada juga menjadi salah satu geoproduct yang menjadi pendukung Geopark Belitung.

Sebagai info, Geopark Belitong sudah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-211 Dewan Eksekutif UNESCO yang diselenggarakan di Paris, 15 April 2021.

Kabupaten Belitung tercatat sebagai daerah di urutan kedua yang berkontribusi besar dalam produksi lada di Bangka-Belitung dengan luas lahan lada mencapai 9.525 hektare, menurut laporan Badan Pusat Statistik tahun 2019.

Kemudian pada tahun 2020, lahan tanaman lada di Kabupaten Belitung bertambah menjadi 9.766 hektar.


3. Coklat dan Kopi Kong Djie

Warung kopi Kong Djie yang telah berdiri sejak 1943 ini menyediakan coklat dan kopi versi bubuk yang lebih praktis untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Keduanya pun sudah tersebar di berbagai toko, sehingga cukup gampang dicari.

Namun, jika kamu ingin membeli kopi dan coklat otentik versi minuman, sembari menikmati sudut kota Belitung, mampir saja ke kedai kopi pertama Kong Djie yang ada di Jalan Siburik, Tanjung Pandan, Belitung.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved