Menyantap Soto Banjar Enak di Restoran Arul Aril Balikpapan Kalimantan Timur, Resepnya Turun-temurun

Selain destinasi wisata, Kalimantan juga tak henti-hentinya memperkenalkan beragam kuliner yang khas. Ini satu yang wajib disantap saat berkunjung

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Soto Banjar yang dihidangkan di Restoran Soto Banjar Arul Aril Jalan Abdi Praja No. 18 Sepinggan Balikpapan. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, BALIKPAPAN - Selain destinasi wisata, Kalimantan juga tak henti-hentinya memperkenalkan beragam kuliner yang khas. Ini satu yang wajib disantap saat berkunjung ke Kalimantan, adalah Soto Banjar.

Namun untuk menyantap makanan khas tersebut, masyarakat kota Balikpapan tidak perlu jauh-jauh ke Banjarmasin.

Cukup menjajaki Restoran Arul Aril yang berada di Jalan Abdi Praja No. 18 Sepinggan, Balikpapan Selatan.

 

Restoran yang dinamai dari anak kembar pemiliknya ini mulai dibangun tahun 2017 lalu.

Mereka memulai dari bentuk angkringan yang menyajikan soto, hingga berubah menjadi restoran besar setahun belakangan.

Pemilik Restoran Soto Banjar tersebut, Lina mengatakan memiliki keluarga yang kental dengan adat serta budaya Banjar membuatnya memilih Soto Banjar sebagai kuliner yang pas untuk diperkenalkan di kota Balikpapan.

Selain itu memasak Soto Banjar adalah salah satu kenangannya bersama sang ibu.

Baca juga: Wisata Kuliner Balikpapan, Soto Banjar Arul Aril, Harga Dijamin Merakyat

Baca juga: Sajikan Soto Banjar dan Iga Bakar, Buen Resto Samarinda Hadir Sejak Juli 2021

"Saya memang keturunan Banjar. Jadi ayah saya itu orang kandangan. Terus kebetulan suami saya juga orang Banjar kota. Selain itu juga ibu saya suka masak soto Banjar, jadi ngangenin gitu. Dan lidah kita itu juga sudah nyaman dan terbiasa dengan soto banjar," jelasnya ketika diwawancarai Tribunkaltim di restonya.

Resep Soto Banjar yang turun-temurun di keluarganya ini menjadi resep yang ia gunakan untuk melayani pelanggan.

Sehingga Soto Banjar yang ia hidangkan memiliki perbedaan dibanding soto Banjar lainnya.

soto banjar enak
Soto Banjar yang dihidangkan di Restoran Arul Aril, Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO

Seperti kuahnya yang kental, perkedel kentang tanpa campuran singkong, hingga telur itik yang menambah kelengkapan dan sedapnya soto Banjar tersebut.

"Saya pengen buat resep sendiri yang memang diajarkan dari nenek nenek kita dulu. Dan bedanya banyak. Dari perkedel yang memang kita buat dari kentang dan tanpa campuran singkong, kuah kita yang juga kental, terus juga telur itik yang kita pakai,"ujarnya.

Selain resep, ia juga menjelaskan cara memakan soto Banjar yang juga diajarkan oleh ibunya.

arul aril restaurant
Restoran Arul Aril di Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO

"Saya kadang bingung sama orang yang kalau makan soto Banjar, perkedel kentangnya gak dimakan. Padahal teknik makannya itu, perkedelnya dihancurin atau dihaluskan biar tercampur sama kuah sotonya. Biar menambah kentalnya kuah soto," jelasnya.

Restoran yang buka dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore tersebut juga dapat melayani melalui aplikasi online. Bahkan, dikatakan mayoritas pelanggan memesan melalui aplikasi online tersebut seperti grab, Go-Jek, hingga Shopee food.

Untuk harganya, pelanggan hanya membayar 25ribu untuk makan ditempat. Sedangkan melalui aplikasi online, pelanggan cukup membayar Rp 30 ribu untuk menyantap soto Banjar dengan kuah kentalnya tersebut. (Ardiana Kinan)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved