Tarian Persahabatan dari Ngada Meriahkan Turnamen Sepakbola HUT ke-76 Bhayangkara di Manggarai Timur

Sepakbola bisa menjadi wadah untuk banyak hal. Selain untuk tujuan khusus dari penyelenggara, tersirat banyak hal yang tercipta atau terwujud

KOMPAS.com/MARKUS MAKUR
Memperingati HUT ke-76 Bhayangkara panitia turnamen sepak bola Bhayangkara Cup I Waelengga Manggarai Timur menampilkan Tarian Ja'i dari Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Promosi budaya daerah. KOMPAS.com/MARKUS MAKUR 

TRIBUNKALTIM.CO, MANGGARAI - Sepakbola bisa menjadi wadah untuk banyak hal. Selain untuk tujuan khusus dari penyelenggara, tersirat banyak hal yang tercipta atau terwujud. 

Selain untuk membina atau menyalurkan bakat sepakbola, ada tujuan lain seperti hiburan, melatih sportivitas, membina rasa kekeluargaan, menjalin persahabatan dan persaudaraan.

Juga untuk mempromosikan kebudayaan berupa tarian, produk UMKM lokal dan kuliner khas daerah setempat, sehingga ekonomi riil masyarakat bisa hidup.

 

Langkah tepat dilakukan panitia Turnamen Bhayangkara Cup I Waelengga Kabupaten Manggarai Timur Nusa tenggara Timur.

Panitia memanfaatkan kesempatan yang dipastikan akan dipadati banyak penonton itu untuk memperkenalkan budaya daerah setempat, seperti tarian, kuliner khas untuk mempererat rasa persaudaraan.

Kehadiran Komunitas Tarian Ja'i di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menampilkan tarian unik Ja'i dari masyarakat Ngada, Jumat (1/7/2022).

Tarian itu dilakukan saat mengantar rombongan Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur Bonifasius Hasudungan yang juga Ketua PSSI Kabupaten Manggarai Timur saat pembukaan turnamen Bhayangkara Cup I Waelengga di Lapangan Bola Sepak Waelengga.

Turnamen sepak bola tersebut dilakukan untuk untuk memperingati HUT ke-76 tahun Bhayangkara RI.

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gaet Wisatawan untuk Beli Produk Lokal

Baca juga: Lima Kota Ini Dianggap Aman untuk Traveler Wanita, Anda Tertarik?

Para penari dengan pakaian adat khas masyarakat Ngada menari di depan rumah Jabatan Camat Kota Komba menuju ke lapangan Bola Sepak Waelengga diiringi bunyi tabuhan gendang dan gong.

Penari Ja',i laki-laki dan perempuan menghentakkan kaki dengan irama tabuhan gendang dan gong. Tarian Ja'i asal masyarakat Ngada memang sudah sangat terkenal di Pulau Flores maupun di kancah Nasional.

Tarian Ja'i juga merupakan tarian persaudaraan, kekeluargaan dan persahabatan. Budaya khas ini terus dipertahankan dan dipromosikan secara terus menerus.

Promosi Wisata Budaya Manggarai Timur

Ketua Panitia Bhayangkara Cup 1 Waelengga, Mikael Pakur kepada Kompas.com mengatakan, Panitia memilih tarian Ja'i untuk menjalin persaudaraan, persahabatan, dan kekeluargaan.

Selain itu, pemilihan tarian Ja'i saat pembukaan turnamen sepak bola dilakukan untuk mempromosikan wisata budaya Manggarai Timur.

"Setiap pertandingan sepak bola pasti ada nuansa budayanya. Bahkan budaya melekat dalam setiap momen pertandingan sepak bola di Indonesia dan seluruh dunia," jelasnya.

Turnamen Bhayangkara Cup 1 Waelengga dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Bonifasius Hasudungan dengan ditandai menendang bola di lapangan.

Tarian Ja'i meriahkan Bhayangkara Cup 1 Manggarai Timur dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara. KOMPAS.com/MARKUS MAKUR
Tarian Ja'i meriahkan Bhayangkara Cup 1 Manggarai Timur dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara. KOMPAS.com/MARKUS MAKUR (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Hasudungan mengajak semua tim sepak bola yang berlaga di turnamen ini untuk menjaga sportivitas, bermain dengan baik, serta menjalin persahabatan dan persaudaraan.

"Ada pemain usia 17 tahun dari Pulau Flores sudah berlaga di turnamen Nasional. Untuk itu, turnamen ini untuk mengembangkan bakat dalam olahraga sepak bola, sehingga ke depannya pemain-pemain muda berbakat dari Manggarai Timur mampu bermain di kancah Nasional," tutur dia.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved