Kalahkan New Delhi dan Duo Thailand, Ubud Bercokol di Peringkat 6 Destinasi Terbaik Dunia 2022

Kabar gembira bagi dunia pariwisata Indonesia. Destinasi wisata Ubud di Bali mengharumkan nama Indonesia di dunia pariwisata, dengan bercokol di

SHUTTERSTOCK/CHERYL RAMALHO
Penampakan para perempuan Bali di Ubud, Bali. Ubud menjadi tujuan wisata terbaik ke-6 dunia versi solo traveler. (SHUTTERSTOCK/CHERYL RAMALHO) 

TRIBUNKALTIM.CO - Kabar gembira bagi dunia pariwisata Indonesia. Destinasi wisata Ubud di Bali mengharumkan nama Indonesia di dunia pariwisata, dengan bercokol di peringkat 6 terbaik dunia.

Destinasi unggulan Indonesia ini mengalahkan New Delhi di peringkat ke-7 dan duo Thailand, Bangkok dan Phuket masing-masing berada di peringkat 8 dan 9. Sementara Cusco Peru melengkapi 10 besar.

Keberhasilan Ubud ini hendaknya menjadi momentum kebangkitan pariwisata Indoensia. Destinasi lainnya segera berbenah untuk menjadi yang terbaik, sehingga wisatawanpun mengalir ke Indonesia.

 

Forbes Advisor yang menyelenggarakan pemeringkatan destinasi ini menghimpun 40 destinasi terbaik dunia. ke-40 destinasi terbaik ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat bagi wisatawan, ke mana mereka harus berkunjung.

Forbes Advisor memprediksi para pelancong akan kembali bersemangat untuk bepergian pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan sejumlah pelonggaran perjalanan internasional.

“Berdasarkan pemikiran tersebut, kami mencari destinasi paling populer bagi solo traveler, kemudian menyusun peringkat kota destinasi terbaik bagi solo traveler di seluruh dunia,” tulis Forbes Advisor, dikutip Kompas.com Jumat (1/7/2022).

Hasilnya, Forbes Advisor menobatkan Ho Chi Minh City, Vietnam sebagai destinasi terbaik bagi solo traveler 2022.

Forber Advisor menjelaskan, peringkat 40 destinasi terbaik bagi solo traveler 2022 ditentukan dengan bantuan tiga pakar solo traveling. Ketiganya adalah Adventurous Kate, Vicky Flip Flop Travels, dan Global Grasshopper.

Baca juga: Catat, 20 Destinasi Wisata di Bogor Bisa Jadi Alternatif Liburan di Akhir Pekan

Baca juga: Jadi Destinasi Favorit Turis Milenial, Ini 10 Tempat Wisata Seru Kabupaten Berau

Baca juga: Jadi Destinasi Wisata Super Prioritas, Ini Tiga Fakta Unik Sirkuit Mandalika Lombok

Selanjutnya, tiga pakar solo traveler tersebut menilai masing-masing kota berdasarkan 12 indikator, antara lain jumlah hostel, tingkat kejahatan, dan rata-rata biaya makan.

Setiap indikator diberikan nilai 1 sampai dengan 40, dengan potensi skor maksimum 480. Sebagai peringkat nomor satu, Ho Chi Minh City mendapatkan skor 355. Sementara itu, Ubud, Bali menempati peringkat keenam dengan skor 314. Ubud berada satu peringkat di bawah Hong Kong, China.

Tiga pakar solo traveling tersebut memberikan tips bagi para pelancong agar perjalanan mereka aman dan nyaman. Kate yang suka bertualang menyarankan solo traveler agar membawa anggaran lebih.

“Saya selalu menyarankan agar solo traveler menganggarkan uang ekstra demi keamanan. Uang itu bisa digunakan untuk naik taksi ketika pulang malam hari, alih-alih naik transportasi umum, atau memesan akomodasi di lingkungan yang lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: Alasan Suku Baduy Ingin Dicoret dari Daftar Destinasi Wisata, Salah Satunya karena Foto

Sementara itu, Global Grasshopper memberi saran yang bermanfaat bagi para digital nomad atau orang yang menggunakan teknologi dalam bekerja dari berbagai lokasi. Grasshopper menyarankan agar para digital nomad memastikan destinasi mereka mempunyai jaringan internet yang kuat.

“Sebagai digital nomad, saya selalu mengecek kecepatan internet sebelum berangkat ke suatu tempat tujuan. Jika wifi sangat lambat atau tidak dapat mengunggah gambar, itu akan sangat memengaruhi pekerjaan saya,” katanya.

Kemudian, Vicky Flip Flop Travel menganjurkan solo traveler untuk bijak memilih akomodasi, serta tidak mudah tergiur dengan harga miring.

“Ketika berbicara tentang hotel, rekomendasi saya adalah jangan pergi ke tempat termurah. Sebab, akomodasi termurah sering kali berarti di luar kota, tidak memenuhi standar, atau ada masalah lain,” tuturnya.

ibu kota vietnam
Peringkat 1 destinasi terbaik dunia Ho Chi Minh City, Vietnam. Sementara Ubud Bali Indonesia berada di peringkat ke-6 dunia. (SHUTTERSTOCK/TBONE LEE)


Ho Chi Minh City, Vietnam.(SHUTTERSTOCK/TBONE LEE)

1. Ho Chi Minh City, Vietnam dengan skor 355

2. Marakesh, Maroko dengan skor 347

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved