Harga Boleh Banding Rasa Siap Tanding, Prinsip Rumah Makan Minang Raya Balikpapan, Bertahan 20 Tahun

Setiap rumah makan punya strategi menarik minat pelanggan. Strategi penjualan itu seperti tempat makan yang diperindah dan instagramable, hingga menu

TRIBUNKALTIM.CO/ARDIANA KINAN
Rumah Makan Minang Raya yang terletak di Jalan MT. Haryono depan Perumahan Bukit Damai Indah, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (29/6/2022). TRIBUNKALTIM.CO/ARDIANA KINAN 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Setiap rumah makan punya strategi menarik minat pelanggan. Strategi penjualan itu seperti tempat makan yang diperindah dan instagramable, hingga menu yang bervariasi.

Namun berbeda dengan Rumah Makan Minang Raya. Restoran Padang tersebut memiliki strategi penjualan berupa motto "Harga boleh banding, rasa boleh tanding".

Hal ini bermakna Restoran Padang tersebut memiliki harga yang murah namun tetap mempertahankan cita rasa makanannya.

 

Pemilik Rumah Makan Minang Raya, Martin Zen menjelaskan strategi tersebut ia gunakan untuk memikat pelanggan di tengah persaingan yang ketat.

"Kan kita bersaing udah ketat ya. Intinya kita punya prinsip, "Harga Boleh Banding, Rasa Boleh Tanding". Jadi kalau orang jual nasi rendang Rp 25 Ribu, saya bisa jual Rp 24 Ribu. Tapi tetap dengan rasa yang juga boleh ditandingkan, boleh dibandingkan harganya. Strategi kita untuk cari konsumen atau pelanggan ya gitu teorinya. Biar orang pada ke sini karena lebih murah dari yang lain. Tapi rasanya tetap dimaksimalkan," jelasnya.

Rumah makan yang terletak di kawasan Jalan MT Haryono depan Perumahan Bukit Damai Indah ini sudah menggunakan strategi tersebut sejak 20 tahun berdirinya.

"Rumah makan ini dibangun tahun 2001. 2002 kita nempatin. Sudah bentuk restoran dan memang bangun sendiri dan dirancang buat restoran. Udah sekitar 20 tahunan lebih," ucap Martin ketika diwawancarai Tribunkaltim di Restorannya.

Rumah makan yang menghidangkan berbagai masakan padang tersebut sangat ramai dikunjungi masyarakat di jam makan siang. Terlebih ketika memasuki bulan Ramadhan, berbagai orderan membanjiri baik yang makan di tempat untuk buka puasa bersama, hingga orderan perkotak yang mencapai 200 pesanan.

Baca juga: Bukan Kuliner Biasa, Ada Pesan Moral dalam Setiap Bungkus Nasi Padang

Baca juga: Mengapa Porsi Nasi Padang Kalau Dibungkus Lebih Banyak? Ada Pesan Moralnya

Baca juga: Salah Satu Kuliner Kota Semarang, Nasi Goreng Bangjo Menggunakan Bumbu Khas Minang

"Kalau ramainya biasa pas jam makan siang. Kisaran dari jam 12.00 sampai jam 13.00. Apalagi pas bulan puasa. Banyak orderan untuk buka puasa bersama di sini. Banyak juga yang pesen kotakan untuk dikirim ke panti asuhan dan lain-lain. Buat sumbangan gitu. Kadang sampai 200 kotak," tambah Martin.

Tak jarang banyak masyarakat hingga beberapa artis Ibukota yang mengunjungi kota Balikpapan mampir di restoran padang tersebut. Di antaranya seperti Sahrul Gunawan, Endang Estawrina, hingga Delon Idol. (TribunKaltim.co/Ardiana Kinan)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved