Jakarta Punya Kuliner Khas, Tersebar di Seluruh Pelosok, Ini Daftar 19 Resto Legendaris Ibu Kota

Jika Anda ingin mencicipi makanan khas ibu kota Jakarta, jangan bingung. Jakarta punya banyak masakan khas yang melegenda sejak puluhan tahun.

Tribun Kaltim
ILUSTRASI - Bagi pencinta dan penikmat kuliner, soto Banjar Arul Aril bisa menjadi opsi. Menariknya, makanan ini menjadi menu makanan andalan di coffee shop, Headstock Coffee yang beralamat di Jalan Abdi Praja Nomor 18, Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Tribun Kaltim 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Jika Anda ingin mencicipi makanan khas ibu kota Jakarta, jangan bingung. Jakarta punya banyak masakan khas yang melegenda sejak puluhan tahun.

Para pedagang makanan khas ini tetap hidup karena sajiannya merupakan makanan kesukaan warga Jakarta. Maka tak heran setiap kedai atau warung makan tak pernah sepi dari pengunjung.

Tak hanya warga ibu kota, para pelancong atau wisatawan domestik, apalagi wasman pasti penasaran untuk mencicipi berbagai kuliner itu.

 

Maka para pedagang makanan harus selalu menjaga kebersihan dan kualitas masakannya agar pelanggan tak lari ke warung lain.

Kreativitas pedagang juga sangat diperlukan agar menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan atau calon pelanggan.

Warga atau pelanggan akan terus membanjiri warung makanan legendaris tersebut karena harga lebih murah dibanding restoran yang sudah pasti mahal.

Anda masih bingung memilih makanan legendaris Jakarta yang ingin dicoba?

Berikut beberapa ide hidangan legendaris dijamin akan menggoyang lidah di sekitar Jakarta berdasarkan dari GrabFood melalui kategori makanan baru GrabFood: “Resto Legendaris”.

Baca juga: Warung Soto Ayam Pak Dalbe Jogja Jadi Rekomendasi Saat ke Kota Gudeg, Kaya Bumbu Rempah

Baca juga: Tiga Rekomendasi Soto Khas Boyolali, Pernah Didatangi Presiden Jokowi

1. Soto Betawi

Masyarakat umum mulai mengenal masakan Soto Betawi di tahun 1977-1978. Tidak jauh berbeda dengan soto Madura dan Soto Sulung, Soto Betawi juga disajikan menggunakan jeroan, perbedaannya terdapat pada kuahnya yang unik yakni terbuat dari campuran susu dan santan yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah dan memberi aroma yang sangat khas.

- Soto Betawi Haji Ma’ruf - Gondangdia

Berdiri sejak tahun 1940-an Soto Betawi H. Ma'ruf masih eksis hingga kini. Berbeda dengan Soto Betawi lainya, Soto Betawi H. Ma'ruf disajikan hanya kuah dengan potongan daging, paru, babat, kikil, atau usus sesuai selera tanpa sayuran seperti tomat atau kentang.

- Soto Betawi H. Mamat -Tomang

Selain menyajikan Soto Betawi dengan kuah kaya rempah-rempah dan cita rasa yang lezat, Soto Betawi Haji Mamat juga siap menggugah selera makanmu dengan menghadirkan menu lainnya yang tak kalah populer, oseng daging.

Selain itu, buat kamu yang gak suka soto betawi dengan kuah santannya, kamu bisa memesan soto kuah bening yang rasanya tidak kalah autentik.

- Soto Betawi Roxy Dawarsa

Kalau biasanya soto disajikan di sebuah mangkok, uniknya Soto Betawi Roxy Dawarsa menyajikan hidangan berkuah ini dengan piring. Pengunjung bisa memilih untuk isian soto, mau daging sapi rebus atau goreng. Soto Betawi legendaris yang mulai berjualan dari 1996 ini memiliki kuah dengan rasa yang gurih dan lebih cair dibanding dengan Soto Betawi lainnya.

2. Asinan Betawi

nikmatnya asinan betawi ini
Sylviana Murni menikmati asinan Betawi saat kampanye di Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (6/2/2017). Tribunnews.com/Rizal Bomantama

Selain Soto Betawi, ternyata siang-siang memang enaknya menyantap hidangan yang segar apalagi di tengah cuaca Jakarta yang kadang terik dan panas ini.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved