Mobil Miliarder Rusia Senilai Rp 9,3 Miliar Disita, Diduga Dekat dengan Putin

Petugas kepolisian di Italia menyita mobil berlapis baja senilai sekira Rp 9,3 miliar milik oligarki Rusia Alisher Usmanov.

flickr
Ilustrasi mobil Maybach berlapis baja yang didesain anti peluru. 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Petugas kepolisian di Italia menyita mobil berlapis baja senilai sekira Rp 9,3 miliar milik oligarki Rusia Alisher Usmanov.

Mobil anti peluru bertipe Mercedes Maybach S650 Guard VR10 tersebut disita oleh petugas di Sardinia saat Uni Eropa memberlakukan sanksi terhadap Rusia.

Melansir laman The National, Senin (11/4/2022), Alisher Usmanov adalah miliarder kelahiran Uzbekistan yang dikenal dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca juga: Unik, Kota di Tiongkok Ini Punya Sejarah Dekat dengan Rusia

Ia merupakan raja pertambangan dan pernah disebut sebagai orang terkaya di Inggris.

Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 18,4 miliar USD atau setara Rp 264 triliun.

Selain mobil, Alisher Usmanov juga telah kehilangan sebuah vila senilai Rp 265 miliar di Sardinia dan 6 perusahaan senilai Rp 1 triliun.

Alisher Usmanov diketahui membeli mobil anti peluru, yang juga dirancang untuk melindungi dari serangan gas, pada tahun 2018 lalu.

Media Italia telah mengisyaratkan bahwa mobil itu mungkin digunakan untuk mengangkut Presiden Rusia Vladimir Putin saat berkunjung ke Sardinia.

Baca juga: Imbas Invasi Ukraina, Rusia Sita Pesawat Milik AS dan Eropa


Sementara pada awal bulan ini, Inggris telah memberikan sanksi kepada Alisher Usmanov, mengingat hubungan dekatnya dengan Vladimir Putin.

Pemerintah Inggris juga membekukan asetnya serta memberlakukan larangan bepergian.

"Pesan kami kepada Putin dan sekutunya sudah jelas sejak hari pertama, menyerang Ukraina akan memiliki konsekuensi yang serius dan melumpuhkan ekonomi," kata Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss.

"Sanksi terhadap Usmanov mengirimkan pesan yang jelas bahwa kami akan menjatuhkan oligarki dan individu yang terkait erat dengan rezim Putin dan perang biadabnya. Kami tidak akan berhenti di sini. Tujuan kami adalah melumpuhkan ekonomi Rusia dan membuat mesin perang Putin kelaparan," tuturnya.

Seperti diketahui, Alisher Usmanov memiliki ketertarikan yang signifikan di klub sepak bola Inggris Arsenal dan Everton.

Baca juga: Imbas Invasi Rusia, Kerajaan Belanda Siap Tampung Pengungsi Ukraina

Dia juga memiliki Beechwood House di Highgate, senilai sekitar Rp 907 miliar dan perkebunan Sutton Place abad ke-16 di Surrey.

Usmanov merupakan sosok pendiri USM Holdings, yang bekerja di sektor-sektor termasuk ekstraktif dan telekomunikasi.

Perusahaan tersebut mensponsori tempat latihan klub sepak bola Everton.

Baca juga: Imbas Instagram Blokir Rusia, Kremlin Luncurkan Aplikasi Serupa Bernama Rossgram

Dia membayar klub Rp 561 miliar pada Januari 2020 untuk mendapatkan opsi eksklusif pada hak penamaan stadion baru yang diusulkan di Bramley-Moore Dock, yang dijadwalkan akan selesai pada 2023.

Namun sayang, kesepakatan itu telah ditangguhkan dengan klub mengatakan, "terkejut dan sedih dengan peristiwa mengerikan yang terjadi di Ukraina".

Alisher Usmanov sebelumnya juga memiliki 30 persen saham di Arsenal, yang ia lepaskan pada tahun 2018 lalu.

Awal bulan ini, superyacht bernama Dilbar senilai Rp 8,5 triliun juta milik Alisher Usmanov, dengan volume terbesar di dunia, disita oleh otoritas Jerman di Hamburg.

Pada hari Senin, Inggris juga menyita superyacht pertama milik Usmanov di perairannya sejak mengumumkan sanksi terhadap lebih dari 1.000 individu dan bisnis.


(TribunTravel.com/Mym)

 

Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com dengan judul Mobil Anti Peluru Rusia'>Miliarder Rusia Rp 9,3 M Disita, Sosoknya Dekat dengan Vladimir Putin

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved