Istilah dalam Spesifikasi Smartphone yang Perlu Kamu Pahami

Ketika ingin membeli smartphone baru, salah satu yang sering dilakukan melihat terlebih dahulu spesifikasi perangkat yang kita inginkan.

Editor: Geafry Necolsen
Kompas
Ketika ingin membeli smartphone baru, salah satu yang sering dilakukan melihat terlebih dahulu spesifikasi perangkat yang kita inginkan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Ketika ingin membeli smartphone baru, salah satu yang sering dilakukan melihat terlebih dahulu spesifikasi perangkat yang kita inginkan.

Bagi sebagian orang yang akrab dengan dunia teknologi, tak sulit untuk memahami berbagai istilah yang tercantum dalam spesifikasi smartphone tersebut.

Namun bagi sebagian orang lainnya, istilah-istilah teknis spesifikasi smartphone itu merupakan kata-kata baru dan terkadang membingungkan.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam mengartikan berbagai istilah teknis tersbut, berikut ini sepuluh istilah spesifikasi smartphone yang wajib diketahui karena sering ditemui, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Servify Guide, Kamis (25/3/2021).

1. System-on-Chip (SoC)

 

System-on-Chip (SoC) adalah "otak" sebuah smartphone. Bentuknya berupa sebuah chip tunggal yang tertanam ke papan sirkuit utama (mainboard).

Sesuai namanya, SoC menggabungkan aneka prosesor alias pengolah instruksi digital sesuai jenis datanya, mulai dari prosesor modem hingga prosesor gambar untuk mengolah sinyal kamera 

Baca juga: Tahukah Kamu Apa Kepanjangan dari Wi-Fi?

SoC seringkali disebut dengan istilah-istilah lain seperti "prosesor", "chipset", atau "chip".

Merek-merek SoC populer yang banyak ditemui di smartphone misalnya Snapdragon dari Qualcomm, Exynos dari Samsung, dan Helio dari MediaTek.

Masing-masing merek memiliki lini SoC sendiri yang terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan kinerja, harga, dan kelengkapan fitur

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved