Rice Cooker yang Dibiarkan Menyala Terus, Aman atau Tidak?

Selain untuk memasak nasi, rice cooker biasanya juga digunakan untuk menghangatkan nasi sepanjang hari. Apakah aman dibiarkan menyala berjam-jam?

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Dengan mengandalkan rice cooker, siapapun bisa memasak nasi dengan mudah dan sempurna tanpa menghabiskan banyak waktu. 

Selain untuk memasak nasi, rice cooker biasanya juga digunakan untuk menghangatkan nasi sepanjang hari. Apakah aman dibiarkan menyala berjam-jam?

TRIBUNKALTIM.CO - Rice cooker alias penanak nasi, adalah salah satu perangkat elektronik dapur yang berguna untuk membuat kegiatan memasak nasi menjadi mudah.

Jika seseorang menginginkan nasi, mereka cukup memasukkan beras ke dalam rice cooker, tambahkan air, dan biarkan matang secara otomatis setelah menekan tombol 'cook' atau memasak.

Rice cooker melakukan segalanya menjadi lebih mudah bagi setiap pemiliknya, mulai dari mengatur waktu masak nasi hingga mengubahnya menjadi hangat saat sudah matang.

Dari segala kecanggihan benda satu ini, mungkin kamu bertanya, apakah bisa dan aman membiarkan rice cooker terus menyala tanpa pengawasan?

Dilansir dari Kitchens Nitches, tidak apa-apa membiarkan rice cooker milikmu menyala tanpa pengawasan, karena rice cooker akan mematikan atau mengubah suhu menjadi hangat saat nasi selesai dimasak.

Namun, kualitas nasi yang ada di dalamnya mungkin menurun jika kamu membiarkannya di dalam rice cooker terlalu lama.

Selain itu, ada bahaya kesehatan dan bahaya kebakaran yang harus kamu pertimbangkan.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa kamu memiliki nasi di rice cooker milikmu, yang merupakan perangkat hands-free, tetapi penting untuk memperhatikan rice cooker untuk mengetahui kapan nasi telah matang.

Artikel ini akan membahas kemungkinan hasil dari meninggalkan rice cooker terlalu lama, ditambah dengan informasi berguna lainnya.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved