Jangan Malas Mencuci Sarung Bantal, Sangat Mempengaruhi Kesehatan Fisik dan Mental

Sama dengan seprei, sarung bantal juga harus rutin dicuci. Idealnya, mencuci seprai dan sarung bantal setiap seminggu sekali.

Editor: Geafry Necolsen
HelloSehat
Sama dengan seprei, sarung bantal juga harus rutin dicuci. Idealnya, mencuci seprai dan sarung bantal setiap seminggu sekali. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sama dengan seprei, sarung bantal juga harus rutin dicuci. Idealnya, mencuci seprai dan sarung bantal setiap seminggu sekali.

Namun, masih diperbolehkan mencuci minimal dua minggu sekali bila tidak memungkinkan.

Sayangnya, meski hanya seminggu sekali, masih banyak orang yang mengabaikannya. Padahal, sarung bantal selalu digunakan saat tidur siang dan malam hari.

Baca juga: Apakah Pramugari Tahu Jika Penumpang Tak Matikan Ponsel di Pesawat?

Setidaknya, orang menghabiskan enam hingga delapan jam waktu tidur setiap malam. 

Kebersihan sarung bantal tidak hanya membuat tidur nyaman dan berkualitas, tapi juga menghindari kita dari berbagai penyakit.

Baca juga: Tips Mencuci Bantal yang Benar

Pasalnya, sejumlah penelitian menemukan bahwa sarung bantal yang tidak dicuci secara teratur mengandung banyak bakteri, bahkan jumlahnya ribuan kali lebih banyak daripada wastafel di toilet.

Setiap malam, kita menyimpan 15 juta sel kulit mati ke sarung bantal. Sel-sel ini tidak hanya  menumpuk di sarung bantal, tetapi juga memberi makan ratusan ribu tungau yang biasa bersarang di bantal.

Nah, berikut ini sederet bahaya yang mengintai bila malas mencuci sarung bantal dilansir dari laman Bustle

Memicu Jerawat

Menurut pelatih gaya hidup sehat bersertifikat, Liz Traines, tidak mengganti sarung bantal setiap minggu dapat memicu timbulnya jerawat dan membuat kulit lebih kusam.

Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Dengan rutin mencuci sarung bantal, tentunya bisa menghilangkan kuman yang bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. 

Baca juga: Membuat Bantal Senyaman di Hotel, Bisa Coba di Rumah

Imunitas Menurun 

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved