Mengungguli 5 Negara, Indonesia Jadi Negara Paling Santai di Dunia

Indonesia berada di peringkat pertama mengungguli negara-negara lain seperti Islandia dan Selandia Baru.

Editor: Geafry Necolsen
Kompas
Ilustrasi, Jalan Malioboro Jogjakarta terkenal dengan berbagai macam sajian kuliner dan wisata budaya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Indonesia dinobatkan menjadi negara paling santai di dunia oleh sebuah agen perjalanan asal Inggris, Lastminute.com.

Dalam riset yang dilakukan oleh Lasminute.com, Indonesia berada di peringkat pertama mengungguli negara-negara lain seperti Islandia dan Selandia Baru.

Mengapa bisa demikian?

Seperti diberitakan Kompas.com Jumat (27/8/2021), riset yang dilakukan oleh Lastminute.com bertajuk “Most Chilled Out Countries in The World”.

Itu artinya, kata “paling santai” di riset ini bukan berarti malas. Maksud “paling santai” di sini ialah dalam hal destinasi.

Hal itu berarti Indonesia berada di peringkat pertama negara yang cocok dijadikan destinasi wisata untuk liburan dan relaksasi.

Lasminute mengklaim telah melakukan analisis dari berbagai faktor, mulai dari hak pribadi warga negara, polusi suara dan cahaya, suhu, jumlah hari libur, hingga jumlah tempat spa di negara tersebut.

Alasan Indonesia terpilih

Indonesia ditempatkan di tempat pertama tentu sesuatu yang luar biasa. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki garis pantai terbesar di dunia dengan suhu rata-rata mencapai 25 derajat celsius.

Dengan kondisi tersebut, Indonesia dinilai paling cocok untuk menjadi destinasi bagi para pelancong mancanegara untuk menikmati kehangatan mataharinya.

Tidak hanya itu, kesempurnaan destinasi di Indonesia sebagai negara paling santai di dunia ditunjang oleh berbagai fasilitasnya dalam memanjakan para wisatawan mancanegara.

Lasminute juga mencatat Indonesia setidaknya punya lebih dari 186 ruang hijau, rata-rata 30 hari libur per tahun, 66 spa di setiap daerah, dan retret kesehatan yang mudah dijumpai.

Peringkat negara paling santai di dunia

Selain Indonesia yang berada di peringkat pertama, ada empat negara lain yang berturut-turut ditempatkan pada peringkat dua hingga lima sebagai negara paling santai di dunia. Berikut daftarnya:

Di peringkat kedua ada Australia. Negara tetangga Indonesia ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang tepat untuk bersantai.

Lasminute mencatat, negara yang terkenal dengan hewan kangurunya ini memiliki jumlah cuti tahunan sebanyak 30 hari, memiliki 40 ribu km garis pantai, serta 187 ruang hijau yang tersebar di seluruh negeri.

  • Islandia (Iceland)

Selanjutnya ada Islandia. Negara di Eropa utara ini memiliki suhu rata-rata 1,75 derajat celsius. Meski begitu, Land of Fire and Ice menjadi salah satu negara terbaik untuk menikmati Northen Light.

Dari sisi lainnya seperti keamanan, Islandia juga tidak diragukan lagi dalam memberikan kenyamanannya bagi para wisatawan mancangera.

  • Selandia Baru (New Zealand)

Tidak hanya Australia, negara tetangganya yakni Selandia Baru juga masuk dalam jajaran negara yang cocok untuk dijadikan destinasi bersantai.

Lasminute menempatkan Selandia Baru sebagai negara tersantai di dunia dan menempati posisi keempat.

Dengan kondisi wilayah yang tak jauh beda dengan Australia, Selandia Baru juga menawarkan berbagai obyek wisata yang layak dinikmati wisatawan mancanegara, apalagi negara ini merupakan salah satu destinasi terbaik bagi para peselancar dan obyek wisata kelautannya.

Di peringkat kelima ada Sri Lanka. Negara di kawasan Asia selatan ini terbilang menjadi salah satu negara berkembang di Asia dengan karakter cuaca atau suhu hangat yang banyak diburu oleh para wisatawan dari luar negeri.

Bukan itu saja, selain keindahan alam tropisnya, Sri Lanka juga memiliki garis pantai yang menawarkan kehangatan suhunya.

Tak heran negara yang bertetangga dengan India ini cocok dijadikan destinasi wisata untuk bersantai dan berelaksasi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved