3 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi Pagi

Kopi seolah bisa berteman dengan sajian apa saja, apa pun yang disuguhkan di menu sarapan pagi. Padahal ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Di belahan dunia mana pun, kopi dijadikan menu wajib sarapan. Berteman beraneka menu makan pagi, secangkir kopi manis atau pahit selalu terhidang di meja makan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pecinta kopi akan selalu membutuhkan kopi di pagi hari. Tanpa "tendangan" kafein, mood dan semangat tak akan terdongkrak dengan maksimal.

Di belahan dunia mana pun, kopi dijadikan menu wajib sarapan. Berteman beraneka menu makan pagi, secangkir kopi manis atau pahit selalu terhidang di meja makan.

Kopi seolah bisa berteman dengan sajian apa saja, apa pun yang disuguhkan di menu sarapan pagi. Padahal ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi bersamaan dengan kopi.

Baca juga: Berbagai Fakta Unik Tentang Kopi & Sejarahnya

Alasan utamanya, tentu saja karena kandungan pada makanan kontra dengan kandungan kafein pada kopi.  

Lantas makanan-makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi pagi ini?

Baca juga: 6 Tips Sehat Minum Kopi

Makanan yang tak bisa dikonsumsi bersama kopi

Dilansir dari SFGATEini lah beberapa jenis makanan tersebut:

1. Makanan sumber kalsium

Makanan sumber kalsium seperti brokoli, bayam, ikan-ikanan, yoghurt, biji-bijian atau keju sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan atau malah sebelum kopi.

Baca juga: 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan 5 Dampak Negatif Jika Mengonsumsinya Secara Berlebihan

Kafein dari kopi bisa menganggu tubuh dalam proses menyerap kalsium yang ada. Efeknya, kalsium yang seharusnya terserap tubuh akan dikeluarkan secara maksimal melalui urin. Hal ini akan membuat tubuh tak mendapat asupan kalsium yang semestinya.

Jadi agar tubuh tetap mendapat asupan kalsium harian, jangan mengonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari. Atau, pilihah kopi rendah kafein agar tubuh tetap bisa menyerap kalsium dengan baik.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum Olahraga bisa Bakar Lebih Banyak Lemak

2. Makanan sumber zinc

Zinc di dalam daging kambing, ikan sarden, salmon, kepiting, kacang merah, dan tiram sangat dibutuhkan tubuh. 

Untuk mencukupi asupan zinc di dalam tubuh, jangan menyeduh kopi setelah mengonsumsi asupan sumber zinc tersebut.

Karena meski berbentuk kopi decaf sekali pun, minuman beraroma wangi ini tetap bisa menghalangi tubuh dalam menyerap zinc.

Hal ini karena kopi juga mengandung tannates, mineral yang tak mudah dirombak dan diserap oleh tubuh. Sehingga ketika asupan kaya zinc masuk, tubuh masih kewalahan dalam merombak tannates dan tak sempat melirik zinc.

Baca juga: Kopi Juga Mengandung Vitamin, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

3. Makanan kaya vitamin

 

Kopi juga ternyata bisa mempengaruhi tubuh dalam menyerap vitamin yang banyak terdapat pada buah dan sayuran. Terutama, mempengaruhi tubuh dalam menyerap makanan yang kaya akan vitamin D.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Bone Metabolism menyatakan bahwa sebagian besar pecinta kopi memiliki tabungan vitamin D rendah dalam tubuhnya.

Halaman selanjutnya

Baca juga: Cara Tepat ...

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved