Daftar Monumen Sejarah yang Bisa Jadi Tujuan Wisata

Selain berwisata, berkunjung ke monumen-monumen ini bisa menjadi pengingat dan juga merasakan kembali bagaimana para pahlawan memperjuangkan kemerdeka

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Selain berwisata, berkunjung ke monumen-monumen ini bisa menjadi pengingat dan juga merasakan kembali bagaimana para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan yang seutuhnya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Indonesia mempunyai beragam monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Monumen-monumen ini dibangun untuk menghargai dan memperingati jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

 Beragam monumen yang bisa kamu temui di berbagai daerah di Indonesia mulai dari Tugu Proklamasi, Jakarta hingga Monumen Jenderal Sudirman di Pacitan.

TONTON JUGA

Simak monumen-monumen di Indonesia yang bisa kamu kunjungi sekaligus untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-75 RI.

1. Tugu Proklamasi, Jakarta

Tugu Proklamasi menjadi saksi bisu bersejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia karena tugu yang terletak Jalan Pengangsaan Timur No 56 adalah lokasi pembacaan teks proklamasi.

Di sini terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta yang berukuran besar berdiri berdampingan, dan patung Soekarno terlihat sedang membacakan teks proklamasi.

 

Di tengah-tengah patung tersebut terdapat batu yang tertuliskan naskah proklamasi terbuat dari lempengan batu marmer hitam yang susunan dan bentuk tulisannya mirip dengan naskah ketikan aslinya.

Di tempat ini ini juga dituliskan "Di sinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Tanggal 17 Agustus 1945 djam 10.00 pagi oleh Bung Karno dan Bung Hatta".

2. Monumen Kebulatan Tekad, Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok terletak di Jalan Raya Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved