Tempat-tempat yang Diwaspadai, Risiko Tinggi Penularan Covid-19

Salah satu yang memicu lonjakan kasus belakangan ini diyakini karena merebaknya virus corona varian Delta di beberapa daerah.Salah satu yang memicu lo

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Salah satu yang memicu lonjakan kasus belakangan ini diyakini karena merebaknya virus corona varian Delta di beberapa daerah. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kasus covid-19 di sejumlah daerah mengalami peningkatan secara siginifikan.

Salah satu yang memicu lonjakan kasus belakangan ini diyakini karena merebaknya virus corona varian Delta di beberapa daerah.

Untuk mewaspadai penularan virus, berikut 6 tempat yang rawan Covid-19, dikutip dari Helathline:

Baca juga: Waspada Penularan Covid-19 di Tempat Kerja

Bar atau kafe

Di masa pandemi Covid-19, banyak orang rindu akan bersosialisasi dengan teman sambil minum kopi.

Namun, para ahli mengatakan bahwa bar atau kafe merupakan salah satu tempat dengan risiko penularan Covid-19 terbesar selama pandemi.

Meski memakai masker dan menjaga jarak akan membantu mengurangi risiko, tetapi hal itu sulit dilakukan ketika berada di bar atau kafe.

Baca juga: Pengunjung Mal Wajib Vaksin dan Screening Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Gedung konser/teater dan tempat ibadah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan agar tidak menghadiri pertemuan 10 orang atau lebih karena risiko transmisi virus corona.

Para pejabat mengatakan, hal itu disebabkan karena pertemuan di dalamnya menawarkan lebih banyak kesempatan untuk melakukan kontak dengan orang yang memiliki virus.

Pertemuan-pertemuan itu juga cenderung tidak mampu menerapkan jarak fisik yang tepat.

Baca juga: Tips Mencuci Bantal yang Benar

Transportasi umum

Saat berada di transportasi umum, sulit untuk menerapkan jaga jarak. Seseorang juga cenderung memiliki kontak yang terlalu lama dengan orang lain, sehingga berisiko sangat tinggi.

"Di pusat-pusat kota besar, sistem transit ini sangat penting dan karena itu mereka sering penuh sesak," kata ahli transmisi virus Tony Abate.

"Ini meningkatkan kemungkinan penyebaran tetesan udara virus corona dari penumpang ke penumpang dengan bersin, batuk, atau bahkan berbicara," sambungnya.

Ia menuturkan, penumpang harus waspada terhadap permukaan yang sering disentuh pada transportasi, termasuk pegangan tangan dan tarikan pintu.

Baca juga: Malas Mencuci Sarung Bantal, Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan Serius

Tempat kerja

Banyak tempat kerja memiliki ventilasi buruk, sehingga berisiko tinggi terjadi transmisi virus corona, seperti di pabrik.

Di Amerika Serikat, pabrik pengepakan daging telah menjadi beberapa klaster besar Covid-19.

Karena itu, tempat bisnis harus memberikan pelatihan tentang cara yang benar untuk memakai masker serta melepas sarung tangan dan alat pelindung diri (APD) lainnya yang diperlukan untuk posisi tersebut.

Baca juga: Tips Mencuci Bantal yang Benar

Pasar

Pasar menjadi salah satu tempat paling rawan penularan virus karena memungkinkan banyak orang bertemu, dikutip dari Kompas.com.

Hal itu karena pasar cenderung padat dan berdesakan, menjaga jarak di dalamnya tentu akan menjadi sulit. Tak hanya itu, pertukaran barang selama jual beli juga memungkinkan banyaknya sentuhan.

Pada masa-masa awal penyebaran virus corona, disebutkan juga awalnya berasal dari pasar basah di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Sekolah

Sampai saat ini, sekolah masih belum dibuka secara penuh karena adanya potensi penularan melalui siswa yang berkumpul dalam ruang tertutup.

Bahkan, tahun lalu muncul klaster Covid-19 di Sekolah Calon Perwira TNI AD (Secapa AD) di Bandung dengan 1.262 orang dinyatakan positif virus corona.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved