Tips Mencuci Bantal yang Benar

Penting untuk memperhatikan kebersihan bantal. Mungkin rasanya sedikit asing dan bingung tentang bagaimana cara mencuci bantal. 

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Ilustrasi. Penting untuk memperhatikan kebersihan bantal. Mungkin rasanya sedikit asing dan bingung tentang bagaimana cara mencuci bantal.  

Tips Mencuci Bantal yang Benar

TRIBUNKALTIM.CO - Selain kasur, seprai, dan selimut, bantal yang menjadi penyangga kepala saat tidur juga perlu dibersihkan atau dicuci.

Mencuci bantal setidaknya perlu dilakukan dua kali dalam setahun. Bantal yang tidak pernah dicuci dalam waktu lama bisa memiliki banyak bakteri maupun kuman, terlebih jika kerap mengeluarkan keringat saat tidur. 

Untuk itu, penting untuk memperhatikan kebersihan bantal. Mungkin rasanya sedikit asing dan bingung tentang bagaimana cara mencuci bantal

Tak usah bingung, dilansir dari Handy berikut ini adalah cara mencuci bantal tidur dengan tepat. 

Baca juga: Bisa Menganggu Kesehatan Mental, Ini Bahaya Malas Mencuci Sarung Bantal

Tentukan tindakan apa yang harus dilakukan

Kebanyakan bantal sebenarnya bisa dicuci di mesin cuci, tapi periksa dulu label perawatannya. Jika bantal terbuat dari katun, bulu, atau bahan sintetis, kamu bisa mencucinya di mesin cuci.

Namun, jika menggunakan bantal busa memori (memory foam), cuci bantal menggunakan tangan. Alasannya, mesin cuci dan pengering terbukti terlalu kasar pada bahan busa memori yang sensitif sehingga bantal akan kehilangan kualitasnya. 

Baca juga: Masuk Mal, Pengunjung Bakal Screening Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Mencuci bantal menggunakan mesin cuci

Kamu harus mengonfigurasi mesin cuci untuk mengakomodasi jenis beban yang berbeda. Pertama, lepas sarung bantal dan cuci secara terpisah.

Cobalah menyeimbangkan mesin cuci dengan memasukkan dua bantal agar bisa mencucinya sekaligus. Tambahkan detergen dalam jumlah secukupnya dan mulai siklus mencuci.

Jika memungkinkan, atur mesin cuci ke beban cucian besar untuk mengakomodasi beban yang tidak biasa. Setelah proses mencuci selesai, kamu bisa memasukkan bantal ke pengering mesin cuci.

Pastikan bantal telah kering sepenuhnya. Jika ada kelembapan, berarti bantal belum kering dan akan menjadi sarang jamur dan bakteri. 

Baca juga: Penumpang Pesawat Wajib Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi

Mencuci bantal dengan tangan

Lepaskan sarung bantal dan masukkan ke mesin cuci. Isi bak mandi atau ember dengan air hangat untuk merendam bantal sepenuhnya.

Campurkan satu sendok makan detergen cair ke dalam air hangat untuk per satu bantal. Pastikan detergen cair larut merata dengan air hangat.

Baca juga: Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri di Rumah

Masukkan bantal ke air dan biarkan detergen meresap. Remas-remas dan peras bantal untuk menghilangkan kotoran serta biarkan air menembus ke setiap lapisan bantal.

Ketika bantal telah diremas dengan benar, keluarkan dan bilas dengan air bersih. Bilas bantal cukup lama guna memastikan bahwa kamu telah mengeluarkan sabun detergen sebanyak mungkin.

Baca juga: Beberapa Tempat yang Harus Diwaspadai, Berpotensi Penularan Covid-19

Kamu tidak bisa mengeringkan bantal yang berbahan sensitif di pengering mesin cuci, jadi bawa bantal ke luar rumah agar kering di bawah sinar matahari.

Sebelum memasukkan kembali bantal dan menggunakannya, pastikan tidak ada air yang tersisa dan tidak terasa lembap.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved