Sabun Cuci Piring Ampuh untuk Membersihkan Berbagai Benda

ada banyak alasan mengapa sabun cuci piring digunakan untuk segala hal, mulai dari membersihkan pakaian setelah makan hingga menghilangkan noda lemak

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Sabun Cuci Piring, Ampuh untuk Membersihkan Berbagai Benda 

Sabun Cuci Piring Ampuh untuk Membersihkan Berbagai Benda

TRIBUNKALTIM.CO - Bila Anda sering membaca atau menyaksikan tips membersihkan berbagai benda di rumah, kerap kali sabun cuci piring disebut sebagai bahan pembersih. Entah itu sabun cuci piring saja atau dicampur dengan bahan lain.

Ternyata, ada sejumlah alasan mengapa sabun cuci piring digunakan untuk segala hal, mulai dari membersihkan pakaian setelah makan hingga menghilangkan noda lemak pada pakaian.

Baca juga: Musim Hujan, Perhatikan Kondisi Wiper Mobil, Tambahkan Sampo atau Sabun Cuci Piring Agar Awet

Apa yang membuat larutan pembersih sederhana ini menjadi bahan pembersih yang ampuh? Dikutip dari Martha Stewart, Rabu (24/3/2021), berikut penjelasannya menurut Morgan Brashear, ilmuwan senior di Dawn. 

Serbaguna

Sabun pencuci piring digunakan untuk membersihkan berbagai macam benda di rumah, mulai dari piring hingga noda minyak yang membandel.

Namun, kata Brashear, semua kekuatan itu diformulasikan dengan kepekaan dalam pikiran. Bahan yang sama yang membuatnya cukup kuat untuk menggosok segala sesuatu, mulai dari ban mobil hingga perkakas secara bersamaan, cukup lembut untuk aman digunakan pada kulit dan sebagian besar permukaan.

"Surfaktan adalah bahan utama yang sebenarnya karena mereka membungkus dan menghilangkan kotoran berminyak," kata Brashear.

Baca juga: Jangan Langsung Dibuang, Ini 8 Manfaat Ampas Kopi

"Surfaktan memiliki kepala yang menyukai air dan ekor yang tidak menyukai air, jadi kepalanya ingin tetap di dalam air, sedangkan ekornya ingin keluar secepat mungkin, memasukkan ke dalam dan kemudian mengangkat minyak," imbuhnya.

Surfaktan

Brashear menjelaskan, tidak semua surfaktan dibuat sama. Oleh karena itu, tidak semua formula sabun cuci piring dengan surfaktan menjadikannya bahan pembersih yang kuat.

"Mereka semua memiliki muatan yang berbeda, panjang ekor, serta kekuatan dan kelemahan," sebutnya.

"Beberapa bisa lebih kecil dan lebih cepat, sementara yang lain mungkin lebih kuat dalam menghilangkan gemuk, tapi sedikit lebih besar," imbuh Brashear.

Baca juga: Cuci Handuk Seminggu Sekali, Jika Tidak, Ini yang akan Terjadi

Surfaktan yang berbeda digunakan untuk berbagai kesempatan pembersihan dan di berbagai produk pembersih. Deterjen pakaian dan pembersih rumah tangga, misalnya, juga dapat diformulasikan dengan surfaktan.

Tetap ada batasan

Meskipun sabun cuci piring mungkin tampak seperti pembersih yang sempurna untuk semua kebutuhan Anda, Brashear mengatakan Anda tidak dapat menggunakannya di mana-mana atau di segala hal.

Sabun cuci piring tidak bisa digunakan untuk mencuci pakaian atau benda-benda berbahan kain lainnya.

"Lebih dari satu sendok teh atau lebih dapat menyebabkan busa berlebih di mesin cuci Anda, jadi sebaiknya tidak digunakan sebagai pengganti," tuturnya.

Baca juga: 12 Tips Menghemat Gas LPG Saat Memasak

Anda juga tidak boleh menggunakan sabun cuci piring di mesin pencuci piring, dikombinasikan dengan pemutih, atau pada permukaan tertentu seperti peralatan masak berbahan besi cor.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved