8 Tips Bikin Rumah Lebih Cantik Tanpa Harus Melakukan Renovasi

Berikut beberapa cara mudah dan cerdas untuk membuat rumah lebih cantik

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Semua pemilik rumah tentu ingin agar rumahnya tampil cantik, sehingga nyaman untuk dihuni. Namun, untuk mewujudkan rumah yang cantik tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran. 

8 Tips Bikin Rumah Lebih Cantik Tanpa Harus Melakukan Renovasi

TRIBUNKALTIM.CO - Semua pemilik rumah tentu ingin agar rumahnya tampil cantik, sehingga nyaman untuk dihuni. Namun, untuk mewujudkan rumah yang cantik tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran.

Hal-hal mudah dan sederhana juga dapat memberikan perbedaan pada tampilan rumah.

Baik Anda sedang merenovasi atau hanya ingin menyegarkan ruangan, berikut beberapa cara mudah dan cerdas untuk membuat rumah lebih cantik, seperti dikutip dari Home Beautiful.

1. Lampu gantung

Pencahayaan memiliki efek transformatif di rumah, atur pencahayaan dengan benar, dan Anda akan melihat semua perbedaannya.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dihindari agar Rumah Tidak Terasa Membosankan

Ambil pendekatan pencahayaan berlapis dengan menggabungkan lampu meja dan lampu lantai dengan pencahayaan di atas kepala memberikan kesan kedalaman.

Namun, lampu gantung yang unik membuat pernyataan desain yang kuat dan menciptakan titik fokus di ruangan. Gunakan kesempatan ini untuk mengekspresikan kepribadian Anda dan tambahkan sentuhan menyenangkan ke rumah.

2. Koleksi

Banyak dari kita mengumpulkan beragam benda sebagai koleksi dan menyimpannya di lemari. Tetapi mengelompokkan hal-hal serupa dapat terlihat luar biasa dan memajangnya agar menjadi tampilan menarik di ruangan.

Koleksi tidak hanya memberikan dampak visual, tetapi juga menceritakan sebuah cerita dan memasukkan sejumlah kepribadian ke dalam suatu ruang.

Baca juga: 7 Trik Menjaga Rumah Tetap Rapi dan Bersih Setiap Hari

3. Ubin

Memasang ubun di kamar mandi dari lantai ke langit-langit membuat kesan megah dan menghadirkan rasa kohesi pada ruang. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, hindari mosaik dan pilih gaya sederhana seperti ubin model subway.

Menata rumah agar lebih rapi
Menata rumah agar lebih rapi (net)

4. Karya seni

Banyak dari kita berpikir bahwa harus menghabiskan banyak uang untuk karya seni agar rumah Anda terlihat bagus. Namun, ada banyak cara terjangkau untuk mengisi rumah Anda dengan karya seni.

Salah satu cara untuk mengubah ruangan adalah dengan membuat galeri mini di dinding dengan koleksi potongan yang berbeda, termasuk fotografi, wallpaper atau tekstil berbingkai, dan cetakan.

Ini akan memperkenalkan warna, tekstur, dan pola ke dalam rumah sekaligus menciptakan titik fokus.

Baca juga: Cara Halus Mengusir Tamu yang Tidak Diinginkan di Rumahmu 

5. Tanaman hias

Kita semua tahu bahwa tanaman hias dalam ruangan alias tanaman hias indoor sedang tren saat ini dan itu adalah cara mudah untuk mengundang alam bebas ke rumah.

Namun, Anda bisa mempercantik ruangan dan memberi kesan dramatis hanya dengan menempatkan satu tanaman besar.

Ada banyak tanaman hias besar yang tumbuh subur di dalam pot di dalam ruangan, Anda tinggal pilih saja.

6. Pintu depan

Pintu depan bukan hanya hal pertama yang dilihat tamu saat mereka tiba di rumah Anda, tetapi juga menciptakan identitas visual instan untuk rumah. Pintu depan berwarna adalah kejutan yang tidak terduga dan memberikan tampilan individual pada rumah.

Baca juga: 10 Tanaman Ini Bisa Menyerap Debu & Menjernihkan Udara dalam Rumah

7. Lis dinding

Membuat fitur dinding Anda dengan lis dinding dapat memperkenalkan tekstur dan membuat pernyataan yang didorong oleh desain di rumah.

“Sangat bagus untuk menambahkan hal menarik ke ruangan yang membosankan atau tidak menarik,” kata blogger Interiors Addict Jen Bishop.

“Tetapi bahkan di kamar yang paling bagus, Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan karakter atau menentukan tema di rumah Anda seperti Hamptons atau Skandinavia, tergantung pada apakah Anda memilih tampilan panel tradisional atau alur vertikal yang lebih modern,” imbuhnya.

8. Mempercantik ruang cuci

Tampilan ruang cuci yang ditangani dengan baik dengan penyimpanan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan palet warna yang indah dapat membuat semua perbedaan. Perhatikan ubin dan wastafel, jangan lupakan perangkat keras di laci dan lemari Anda.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved