5 Bahaya Tersembunyi yang Mungkin Ada di Rumah serta Cara Mengatasinya

Gas karbon monoksida tidak memiliki bau, namun dapat berbahaya bagi manusia. Menurut CDC, setiap tahunnya, sekitar 500 jiwa meninggal akibat keracunan

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Gas karbon monoksida tidak memiliki bau, namun dapat berbahaya bagi manusia. Menurut CDC, setiap tahunnya, sekitar 500 jiwa meninggal akibat keracunan gas ini. 

5 Bahaya Tersembunyi yang Mungkin Ada di Rumah serta Cara Mengatasinya

TRIBUNKALTIM.CO - Rumah pastinya harus menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali bukan? Namun, tahukah Anda bahwa beberapa bahaya terbesar bagi kesehatan justru dapat ditemukan di rumah?

Salmonella dan E. coli
Kedua bakteri ini dapat mengganggu kesehatan usus dan menyebabkan penyakit diare yang kemudian dapat berujung pada dehidrasi yang mengancam nyawa.

Anda perlu waspada karena kedua bakteri ini sangat mudah dijumpai pada berbagai produk makanan.

Manusia biasanya terjangkit salmonella setelah mengonsumsi atau mengolah makanan yang terkontaminasi seperti daging mentah, telur, buah, dan sayuran.

Sementara itu, E.Coli biasanya dapat menjangkiti manusia saat seseorang mengonsumsi makanan yang tidak dibersihkan dan dimasak dengan benar.

Baca juga: Kenali Tanda Kebocoran Gas Elpiji dan Cara Mengatasinya

Cara menghindarinya
Kebersihan merupakan kunci utama untuk menghindari infeksi kedua bakteri ini. Cucilah tangan Anda sebelum mengolah makanan.

Anda juga dianjurkan untuk menggunakan dua papan potong (talenan) di rumah, satu untuk daging mentah, dan satu lagi untuk buah dan sayur.

Pisahkan juga daging mentah dan seafood dari bahan makanan lain di kulkas. Setelah memasak, bersihkan semua peralatan yang digunakan untuk mengolah daging mentah dengan air hangat dan sabun.

Dan yang terpenting, masaklah semua daging hingga benar-benar matang.

Baca juga: Lupa Menutup Pintu Kulkas Bisa Berakibat Fatal

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved