Lupa Menutup Pintu Kulkas Bisa Berakibat Fatal

lupa menutup pintu kulkas atau pintu kulkas yang tidak tertutup rapat tidak hanya berdampak buruk pada isi makanan di dalamnya, tapi juga kulkas dan k

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Lupa menutup pintu kulkas atau pintu kulkas yang tidak tertutup rapat tidak hanya berdampak buruk pada isi makanan di dalamnya, tapi juga kulkas dan kesehatan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kulkas merupakan peralatan elektronik dapur yang memiliki kegunaan besar dan sering digunakan dibanding peralatan dapur lainnya seperti microwave dan oven

Alasan utama orang memiliki kulkas atau lemari es di dapur adalah untuk menjaga bahan makanan seperti daging, ikan, sayuran, dan buah agar tetap segar serta tahan lama. 

Cara paling utama menjaga isi makanan tetap segar dan tahan lama adalah menutup pintu kulkas hingga rapat. Sayangnya, banyak orang yang cukup sering tidak menutup pintu kulkas secara rapat. 

Padahal, lupa menutup pintu kulkas atau pintu kulkas yang tidak tertutup rapat tidak hanya berdampak buruk pada isi makanan di dalamnya, tapi juga kulkas dan kesehatan.

Melansir dari laman Homeguides.sfgate dan 101 Appliance, berikut ini lima bahaya lupa menutup pintu kulkas

Baca juga: 6 Kesalahan Meletakkan Makanan di Kulkas

Pertumbuhan bakteri

Bakteri yang menyebabkan pembusukan makanan dan penyakit tumbuh paling baik pada suhu antara 5 dan 57 derajat Celsius.

Suhu kompartemen kulkas pada atau di bawah lima derajat Celsius adalah suhu yang aman untuk menjaga makanan dasar.

Pintu kulkas tidak tertutup rapat memungkinkan suhu naik di atas angka tersebut sehingga dapat mendorong pertumbuhan mikroorganisme atau bakteri, terutama di area terdekat dengan pintu. 

Baca juga: Catat, Begini Cara Mengetahui Suhu Kulkas yang Benar

Listrik terbuang

Udara di dalam kulkas seharusnya lebih dingin dan lebih kering daripada udara di luar. Pintu yang tertutup rapat memungkinkan udara hangat masuk dan menaikkan suhu di kompartemen makanan.

Untuk menjaga udara tetap dingin, motor harus berjalan lebih sering. Pintu kulkas tidak tertutup rapat dapat membuat listrik terbuang dan menyedot aliran listrik lebih banyak daripada biasanya.  

Isi makanan membusuk

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved