Tips Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkarnya

Tumpukan debu pada kipas angin harus dibersihkan agar embusan anginnya tetap kencang dan bersih sekaligus membuat tampilan kipas angin lebih enak dili

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Tumpukan debu pada kipas angin harus dibersihkan agar embusan anginnya tetap kencang dan bersih sekaligus membuat tampilan kipas angin lebih enak dilihat.  

Tips Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkarnya

TRIBUNKALTIM.CO - Kipas angin yang digunakan terus-menerus tentu memunculkan debu yang lama-kelamaan menumpuk dan menempel di bagian baling-baling serta jaring besi kipas.

Tumpukan debu pada kipas angin harus dibersihkan agar embusan anginnya tetap kencang dan bersih sekaligus membuat tampilan kipas angin lebih enak dilihat. 

Jika membersihkan kipas angin terasa sulit karena harus membongkar beberapa bagian kipas, ada cara mudah yang bisa dilakukan tanpa perlu membongkarnya.

Mengutip kanal YouTube Richil Wasobi, Rabu (26/5/2021), berikut ini cara mudah membersihkan tumpukan debu di kipas angin tanpa perlu dibongkar. 

Anda bisa membersihkannya dengan menyemprotkan larutan pembersih khusus. Berikut ini cara membuat larutan dan langkah membersihkan kipas angin. 

Cara membuat larutan pembersih kipas angin

1. Siapkan bahan larutan pembersih berupa setengah gelas cuka, tiga sendok makan baking soda, dan dua sendok makan sabun pencuci piring.  

2. Setelah itu, masukkan semua bahan secara berurutan ke gelas, lalu aduk sampai merata.

3. Selanjutnya, masukkan larutan ke dalam botol semprot. Kocok larutan terlebih dahulu sebelum disemprotkan ke kipas angin. 

Cara membersihkan kipas angin

1. Setelah itu, semprotkan larutan pembersih ke kipas angin yang kotor oleh tumpukkan debu. Pastikan menyemprotkan larutan secara merata dan membuat debu di kipas angin menjadi basah.

2. Kemudian, bungkus bagian kepala kipas angin dengan plastik. 

3. Selanjutnya, nyalakan kipas angin dengan kecepatan maksimal selama lima menit.

4. Setelah itu, buka plastik dan lihat hasilnya. Tumpukkan debu di kipas angin sudah terlepas dari kipas angin. 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved