Jangan Taruh Barang Apapun di Atas Kulkas, Ini Alasannya

Tak hanya benda besar, meletakkan kotak sereal atau benda kecil lainnya di atas kulkas juga tak baik.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Tak hanya benda besar, meletakkan kotak sereal atau benda kecil lainnya di atas kulkas juga tak baik. 

Jangan Taruh Barang Apapun di Atas Kulkas, Ini Alasannya

TRIBUNKALTIM.CO - Meletakkan barang-barang di atas lemari es atau kulkas terkadang menjadi salah satu solusi untuk menghemat ruang.

Padahal, tindakan tersebut merupakan kesalahan besar yang sering dilakukan sebagian orang. Bahkan, beberapa orang ada yang meletakkan barang elektronik seperti microwave di atas kulkas. 

Sebetulnya, tak hanya benda besar, meletakkan kotak sereal atau benda kecil lainnya di atas kulkas juga tak baik. Hal ini dapat menghalangi panas keluar dan menyebabkan kompresor bekerja lebih keras dari seharusnya.

Selain itu, membuat tagihan listrik meningkat serta memperpendek umur kulkas. 

Dilansir dari Hunker, Senin (31/5/2021), jika ingin meletakkan barang di atas kulkas, taruh alas tahan panas terlebih dulu sebagai alas sebelum meletakkan barang.

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah banyak kulkas yang tidak boleh diletakkan barang-barang di atasnya.

Sebab, apabila barang yang diletakkan di atas kulkas terjatuh di sepanjang sisi dan di bagian belakang alat, hal ini bisa menyebabkan kebakaran. 

Begitu pun, perlu diketahui, saat meletakkan barang-barang berat di kulkas, barang tersebut bisa bergeser dari posisi awal. Mengingat, setiap kali pintu kulkas dibuka, akan memunculkan getaran sedikit yang membuat barang-barang di atas kulkas bergeser.

Akibatnya, lama-kelamaan, barang-barang berat ini bisa terjatuh tiba-tiba, membahayakan seseorang, atau membuat barang menjadi rusak. 

Lebih cepat panas 

Sementara itu, jika kulkas berada di luar atau di ruangan yang lebih hangat seperti ruang tamu yang cerah, meletakkan barang di atas kulkas bisa lebih bermasalah.

Kulkas yang disimpan di luar dapur dapat bermasalah dengan tetesan air hujan, sistem kelistrikan yang kelebihan beban, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, meletakkan barang di atas kulkas yang terkena sinar matahari atau di ruangan hangat bisa membuat kulkas lebih cepat panas sehingga membuat kulkas bekerja lebih berat dan cepat merusaknya.

Untuk mencegahnya, gunakan rak setidaknya tiga inci di atas bagian atas kulkas. Hal ini dapat menambah ruang dan mengurangi bahaya kebakaran yang dapat disebabkan bahan mudah terbakar yang diletakkan di atas kulkas.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved