Cara Mengatasi Komor Gas yang Susah Menyala

Apa pun jenis dan mereknya, kompor gas yang digunakan secara terus-menerus bisa mengalami permasalahan atau kerusakan suatu saat nanti

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Apa pun jenis dan mereknya, kompor gas yang digunakan secara terus-menerus bisa mengalami permasalahan atau kerusakan suatu saat nanti. 

Cara Mengatasi Komor Gas yang Susah Menyala

TRIBUNKALTIM.CO - Apa pun jenis dan mereknya, kompor gas yang digunakan secara terus-menerus bisa mengalami permasalahan atau kerusakan suatu saat nanti.

Susah menyala atau dinyalakan adalah salah satu contoh permasalahan yang bisa terjadi pada kompor gas. Hal ini umumnya disebabkan sumbatan regulator

Kompor gas yang susah menyala tentu bisa menimbulkan rasa khawatir sekaligus kesal bagi pemiliknya, terlebih terjadi saat hendak memasak.

Jika kompor gas susah menyala, bahkan tidak menyala, berikut ini berbagai cara mengatasinya dilansir dari beberapa sumber, Senin (31/5/2021). 

Lepas regulator tabung gas

Regulator adalah sebuah komponen yang posisinya berada di antara selang dan tabung gas. Fungsi utama regulator untuk mengatur kinerja gas serta mengunci gas di dalam tabung agar tidak terjadi kebocoran.

Jika api di kompor gas susah atau tidak bisa menyala, besar kemungkinan gas di tabung gas tidak tersalurkan dengan baik menuju pemantik. 

Jika hal ini menjadi pemicu kompor gas susah dinyalakan, pasang regulator pada mulut tabung gas secara benar dan pastikan tidak ada bunyi mendesis yang mengindikasikan kebocoran gas.

Selain itu, kompor gas yang susah dinyalakan bisa karena pengaman regulator yang justru menghalangi aliran gas. 

Untuk hal ini, lepas regulator dan ketuk bagian atasnya atau mengoyang-goyangkannya agar sistem pengaman di dalamnya kembali berjalan semestinya. 

Perbaiki pemantik kompor

Sumber: Kompas.com

Halaman selanjutnya

Kompor gas susah hingga ...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved