Tikus di Plafon Rumah, Begini Cara Mengatasinya

Ketika tikus muncul di plafon rumah, tidak sedikit penghuni rumah pasrah dengan membiarkan begitu saja karena merasa sulit untuk menjebaknya.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Ketika tikus muncul di plafon rumah, tidak sedikit penghuni rumah pasrah dengan membiarkan begitu saja karena merasa sulit untuk menjebaknya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tak hanya muncul dan menganggu di permukaan lantai dalam rumah, tikus juga bisa bersarang dan hidup di plafon atau langit-langit rumah.

Ketika tikus muncul di plafon rumah, tidak sedikit penghuni rumah pasrah dengan membiarkan begitu saja karena merasa sulit untuk menjebaknya.

Namun, apabila dibiarkan terus menerus, tikus yang hidup di plafon akan berkembang biak dan menghadirkan risiko kerusakan plafon dan beberapa bagian di dalamnya, khususnya kabel listrik. 

Baca juga: 5 Tips Mencegah Tikus Bersarang di Dapur

Baca juga: 7 Penyebab Tikus Masuk dan Bersarang Dalam Rumah

Untuk itu, sudah seharusnya kamu memusnahkan tikus di plafon rumah. Bagaimana caranya? Dilansir dari berbagai sumber, Senin (26/4/2021), berikut ini tips menyingkirkan tikus di plafon rumah. 

1. Periksa Celah Lubang di Plafon dan Genteng

Hal penting yang harus diperhatikan untuk mencegah tikus hadir adalah memastikan plafon dan genteng aman dari lubang serta sama sekali tidak bermasalah. Setiap lubang yang berukuran sekecil apa pun bisa jadi akses bagi tikus masuk ke rumah.

Tahan terlebih dahulu tikus yang sudah masuk ke plafon rumah. Setelah itu, kamu baru bisa menyingkirkan tikus yang bersembunyi di plafon untuk mengatasi masalah ini secara efektif. 

Baca juga: Tips Membuat Perangkap Tikus Sendiri

Baca juga: Memasang Perangkap Tikus di Rumah, Pakai Umpan Apa?

Cari lubang dan celah di bagian plafon dan genteng. Periksa di sekitar pipa, saluran, kabel koaksial, dan ventilasi pengering apakah ada bukaan yang tidak tertutup. Periksa sambungan antara kusen pondasi dan dinding serta bingkai ventilasi pondasi.

Gunakan sealant untuk menutupi lubang yang ada. Sealant adalah bahan yang dapat melekat ke setidaknya dua permukaan dan mengisi ruang di antara itu sebagai pembatas atau lapisan pelindung. 

Baca juga: Tidak Hati-hati Menyimpan Makanan, Membuat Kecoak Bersarang di Dalam Rumah

Dengan menggunakan sealant yang tahan lama dan sesuai, isi lubang ini untuk memastikan tikus tidak bisa masuk ke plafon rumah. Pastikan sealant tahan terhadap hewan pengerat karena tikus dapat mengunyah beberapa sealant seperti busa.

2. Pangkas Pohon dan Semak di Sekitaran Rumah 

Tikus terkenal karena kemampuannya memanjat selain bisa melompat sekitar 2,3 meter ke bawah, tergantung pada ketinggian pohon. Dengan memangkas cabang pohon dan semak yang tumbuh di sekitaran rumah atau menyentuh atap rumah, kamu telah menghilangkan "tangga" untuk tikus tersebut. 

Baca juga: Bersarang di Kamar Mandi, Begini Cara Mengusir Kecoak

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved