Hemat Energi di Rumah dengan Menggunakan Tirai

Menutup tirai jendela pada waktu yang tepat dapat mengurangi penggunaan energi di rumah.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Menutup tirai jendela pada waktu yang tepat dapat mengurangi penggunaan energi di rumah. 

Hemat Energi di Rumah dengan Menggunakan Tirai

TRIBUNKALTIM.CO - Ketika berpikir tentang menghemat energi di rumah, Anda mungkin memikirkan hal-hal seperti mematikan AC, membeli peralatan hemat energi, dan lebih hemat dalam pemakaian semua alat elektronik.

Padahal, dilansir dari Hunker, ada beberapa cara sederhana menghemat energi di rumah. Salah satunya, membuka dan menutup tirai atau gorden jendela pada waktu yang tepat. 

Namun, apakah hal ini jauh lebih efektif dalam menghemat energi di dalam rumah? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: 5 Cara Mudah dan Sederhana Menghemat Pemakaian Listrik

Tutup tirai saat cuaca panas 

Menutup tirai jendela pada waktu yang tepat dapat mengurangi penggunaan energi di rumah. Pada hari-hari cuaca panas, ketika cahaya matahari menyinari beberapa jendela, hal tersebut dapat membuat panas di dalam ruangan dan penggunaan AC meningkat.  

Namun, dengan menutup tirai, Anda dapat menjauhkan sinar matahari langsung dari rumah dan mengurangi hawa panas matahari dari luar ruangan.

Baca juga: Tahukah Kamu? Menanam Pohon di Sekitar Rumah Ternyata Bisa Menghemat Pemakaian Listrik

Akan tetapi, ketika cuaca di luar tidak terlalu panas, buka tirai untuk mendapatkan cahaya alami sehingga tidak perlu menggunakan lampu pada waktu siang hari. 

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah pilih jenis tirai yang tidak terlalu tebal sehingga udara bisa masuk ke dalam ruangan. 

Gunakan tirai interior dan eksterior 

Untuk mengontrol panas yang masuk ke rumah, pemilihan jenis tirai atau gorden juga harus diperhatikan. 

Biasanya, orang akan menggunakan tirai interior karena memiliki keuntungan seperti nyaman digunakan, dipasang, dan diganti. Namun, tirai ini kurang efektif mengontrol sinar matahari.

Sementara itu, tirai eksterior biasanya dirancang khusus untuk pengendalian matahari. Bahan umum untuk tirai eksterior adalah kayu, vinil, aluminium, atau baja. 

Baca juga: 12 Cara Memasak yang Hemat Gas Elpiji 

Keuntungan dari tirai eksterior adalah memberikan kontrol paparan sinar matahari yang lebih baik daripada tirai interior. 

Hal ini karena tirai eksterior memiliki celah lebih sedikit serta menghalangi sinar matahari sebelum melewati kaca jendela. 

Jadi, disarankan di samping menggunakan tirai interior, Anda juga harus menggunakan tirai eskterior yang diletakkan di teras sehingga dapat menyaring cahaya yang masuk ke ruangan dan menghemat penggunaan AC. 

Kaca jendela reflektif 

Semua tirai jendela memberikan keteduhan dan dapat mengurangi perpindahan panas melalui jendela. Namun, Anda juga dapat menggunakan kaca jendela reflektif. 

Kaca ini dapat bekerja lebih baik untuk menghalau cahaya dan panas masuk ke ruangan. Ini bermanfaat saat cuaca panas untuk menjaga rumah tetap sejuk. 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved