15 Istilah Jual-Beli Online yang Perlu Kamu Ketahui

Pembeli barang secara online mungkin sering bertemu dengan berbagai istilah atau singkatan yang diberikan pada deskripsi produk tersebut.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Pembeli barang secara online mungkin sering bertemu dengan berbagai istilah atau singkatan yang diberikan pada deskripsi produk tersebut. 

TRIBUNKALTIM.CO  - Jual beli online semakin marak dilakukan di Indonesia, baik lewat e-commerce, forum jual beli online, dan media sosial. Bahkan tak jarang, barang yang dijual online jauh lebih murah ketimbang membelinya langsung di toko fisik.

Transaksi daring juga sangat praktis dilakukan, tinggal buka smartphone, memilih barang dan metode pembayaran, lalu barang akan diantar sampai ke pintu rumah.

Pembeli barang secara online mungkin sering bertemu dengan berbagai istilah atau singkatan yang diberikan pada deskripsi produk tersebut.

Buat yang masih awam dan kurang familiar, pasti bakal kebingungan dengan maksud dari istilah-istilah tersebut.

Nah berikut ini 15 istilah jual beli online yang seringkali digunakan:

1. COD

COD merupakan singkatan dari cash on delivery. Awalnya, COD adalah transaksi yang mengharuskan pertemuan antara pembeli dan penjual di tempat dan waktu yang sudah disepakati.

Transaksi sendiri awalnya bisa berawal dari unggahan di media sosial maupun situs dan aplikasi jual beli online.

Penjual akan membawa barang fisik untuk diperlihatkan kepada calon pembeli. Setelah pembeli melihat dan memeriksa barang yang dipesannya sesuai, maka pembeli akan membayar sesuai harga yang disepakati.

Kendati demikian, saat ini arti COD sudah bergeser. Dalam konteks jual beli online di marketplace, COD artinya tak lagi hanya berupa pertemuan langsung antara penjual dan pembeli.

Dalam marketplace, COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli. Dengan kata lain, COD artinya pilihan metode pembayaran yang mana penjual diwakili oleh kurir ekspedisi.

2. Pre order (PO)

Pre order atau PO adalah istilah ketika pembeli online harus menunggu barang siap dikirim dalam beberapa hari. Dalam marketplace, pembeli akan membayar terlebih dahulu.

Barang baru akan dikirim setelah siap, biasanya maksimal PO adalah tujuh hari. PO diterapkan untuk produk yang sulit didapat atau produk yang sifatnya custom alias dibuat sesuai dengan permintaan pembeli.

3. Testi

Testi merupakan kependekan dari testimoni, yakni respon kepuasan dari pembeli mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual.

Testimoni ini biasanya digunakan para penjual supaya calon costumer agar lebih percaya akan produk atau jasa mereka.

Dalam marketplace, testi akan ditulis dalam kolom review. Semakin banyak testi yang positif, maka semakin besar pula peluang produk tersebut mudah terjual.

4. Ready stock

Ready stock adalah istilah penjual untuk meyakinkan pembeli bahwa stok barang atau produk tersebut dalam keadaan mencukupi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved